Pemulihan Kondensat Sebagai Feedwater Boiler Untuk Meningkatkan Efisiensi Boiler Pada Pabrik Pakan Ikan Dengan Menggunakan Metode Flash Steam

Megasari, Gabrilla Ulfa and Satria, M. Duta Albany (2023) Pemulihan Kondensat Sebagai Feedwater Boiler Untuk Meningkatkan Efisiensi Boiler Pada Pabrik Pakan Ikan Dengan Menggunakan Metode Flash Steam. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10411910000003_10411910000018-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10411910000003_10411910000018-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen energi sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan penggunaan energi sehingga cost atau biaya yang digunakan dapat diatur dengan baik. Di Industri steam banyak digunakan sebagai sumber energi utama, namun di dalam sistemnya sering kali terjadi kerugian panas. Salah satu alasan kerugian tersebut terjadi adalah pemulihan kondensat yang buruk. Pada penelitian ini dilakukan peninjauan terkait kondisi kondesat yang ada di industri sehingga dapat dipulihkan dan digunakan kembali dengan metode flash steam tank. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan solusi terkait permasalahan yang terjadi di industri. Permasalahan yang terjadi adalah efisiensi boiler yang sangat rendah dan kondensat yang dibuang langsung ke lingkungan. Kondensat ini masih memiliki nilai energi yang cukup untuk dimanfaatkan. Kondensat dengan suhu 120°C dan tekanan 2 bar akan ditampung menjadi satu di tangki kondensat sebelum dipulihkan 100%. Selanjutnya steam yang tersisa dari kondensat akan dialirkan dari tangki kondensat menuju ke tangki flash steam. Di dalam tangki flash steam akan terjadi pelepasan kalor laten. Selanjutnya, steam yang telah tercampur dengan air akan di distribusikan menuju tangki feedwater boiler. Berdasarkan perhitungan neraca massa dan neraca energi, penggunaan sistem flash steam dapat mengurangi kebutuhan air dan batubara sebagai bahan bakar serta dapat meningkatkan efisiensi boiler sebesar 55,63%. Selain itu, didapatkan penghematan biaya penggunaan air dan batubara sebagai bahan bakar sebesar Rp 25.255.488.419 per tahun dan pengembalian modal awal (payback period) selama 1 bulan melalui perhitungan analisa ekonomi.
===================================================================================================================================
Energy management is required to optimize energy consumption and effectively control the cost of energy. Steam is frequently employed as the primary energy source in industry, however heat loss frequently happens in the system. Poor condensate recovery is one factor in such losses. To recover and reuse condensate using the flash steam tank method, a review of the state of condensate in the industry was conducted in this study. To address issues that arise in the sector, this research aims to offer solutions. Low boiler efficiency and condensate that is released into the environment are the issues that arise. This condensate still has enough energy to be used. Condensate with a temperature of 120°C and a pressure of 2 bar will be accumulated generally and then 100% recovered in a condensate tank. In addition, the flash steam tank will receive the condensate's residual steam from the condensate tank. Latent heat release will take place inside the flash steam tank. Additionally, water and steam mixtures will be supplied to the boiler feedwater tank. According to calculations for the mass balance and energy balance, the adoption of the flash steam system may boost boiler efficiency by 55.63% while reducing the requirement for water and coal as fuel. Additionally, economic analysis estimates showed that using coal and water as fuel resulted in annual cost savings of IDR 25,255,488,419 and a payback period of 1 month.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Boiler, Efficiency, Flash Steam, Condensate, Boiler, Efisiensi, Flash Steam, Kondensat
Subjects: Q Science > QD Chemistry
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Faculty of Vocational > 24305-Industrial Chemical Engineering
Depositing User: Megasari Gabrilla Ulfa
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:33
Last Modified: 01 Aug 2023 03:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/100037

Actions (login required)

View Item View Item