Analisis Perbandingan Estimasi Tail Risk Pada Variable Annuity dengan Struktur Biaya Manajemen Time-Dependent Fee dan Constant Fee

Purba, Joy Benedict Anniversaro (2023) Analisis Perbandingan Estimasi Tail Risk Pada Variable Annuity dengan Struktur Biaya Manajemen Time-Dependent Fee dan Constant Fee. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 06311940000068-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
06311940000068-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Variable annuity merupakan produk asuransi jiwa yang terikat dengan investasi dana yang dimiliki pemegang polis. Anuitas variabel pada umumnya ditawarkan dengan manfaat minimum jaminan. Dengan perkembangan pasar yang besar di seluruh dunia, variable annuity masih memiliki kelemahan yang besar. Kelemahan dari variable annuity adalah tingginya nilai biaya manajemen dengan proporsi konstan terhadap dana pemegang polis (constant fee) yang memicu pemegang polis untuk menarik seluruh dananya kemudian membeli kembali produk yang sama di pasar dengan nilai jaminan yang lebih tinggi. Fenomena umum di antara pemegang polis tersebut dinamakan strategi lapse-and-reentry. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dari penggunaan struktur biaya manajemen time-dependent fee dalam produk variable annuity dengan jaminan minimum manfaat kematian (GMDB) sebagai alternatif yang diajukan untuk mengatasi fenomena lapse-and-reentry. Secara khusus, penelitian ini menggunakan aset mendasar dan keadaan investasi yang sesuai dengan pasar Asia. Pergerakan harga aset pada penelitian dilakukan dengan melakukan simulasi dari model terbaik di antara distribusi lognormal dan regime-switching lognormal berdasarkan nilai Bayesian Information Criterion (BIC). Dari penelitian yang dilakukan, kombinasi biaya manajemen yang dikurangi (ored) sebesar 0% dan waktu pengurangan biaya manajemen (nred) selama 4 tahun berhasil mengurangi kerugian perusahaan secara efektif dibandingkan dengan struktur constant fee dan memberikan VaR dan CVaR NPV kerugian perusahaan yang terkecil, yaitu secara berturut-turut sebesar $297.722,50 dan $406.415,04.
================================================================================================================================
Variable annuity is a life insurance product that is tied to the investment of funds owned by policyholders. Variable annuities are generally offered with minimum guaranteed benefits. With the huge development of the market all over the world, variable annuities still have big drawbacks. The downside of variable annuities is the high value of management fees with a constant proportion to the policyholder's funds (constant fee) which triggers the policyholder to withdraw all of his funds then repurchase the same product on the market with a higher guaranteed value. This common phenomenon among policyholders is called the lapse-and-reentry strategy. This study aims to analyze the effectiveness of using a time-dependent cost management fee structure in a variable annuity product with guaranteed minimum death benefits (GMDB) as an alternative proposed to overcome the lapse-and-reentry phenomenon. In particular, this study uses underlying assets and investment circumstances that suit Asian markets. The movement of asset prices in this study was carried out by simulating the best model between the lognormal distribution and the lognormal switching regime based on Bayesian Information Criterion (BIC) values. From the research conducted, the combination of reduced management costs (ored) by 0% and management fee reduction time (nred) for 4 years succeeded in reducing company losses effectively compared to structure constant fees and providing the VaR and CVAR NPV values for the smallest company losses. Namely $297.722,50 and $406.415,04. respectively.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: BIC, GMDB, Regime Switching Lognormal, Time-Dependent Fee, Variable Annuity
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HG Finance > HG8771 Life insurance
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Actuaria > 94203-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Joy Benedict Anniversaro Purba
Date Deposited: 28 Jul 2023 04:05
Last Modified: 28 Jul 2023 04:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/100149

Actions (login required)

View Item View Item