Desain Dan Implementasi Motor Brushless DC 1,5 KW untuk Aplikasi pada Sepeda Listrik

Ubaidillah, Irfan (2023) Desain Dan Implementasi Motor Brushless DC 1,5 KW untuk Aplikasi pada Sepeda Listrik. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111940000067_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
07111940000067_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan kendaraan listrik diindonesia yang terbilang baru diakibatkan oleh adanya beberapa faktor penghambat. Salah satu faktor yang berpengaruh yaitu mahalnya biaya kepemilikan yang diakibatkan oleh mahalnya komponen dari kendaraan listrik Komponen tersebut umumnya berasal dari luar negeri. Motor BLDC dengan hall sensor sebagai salah satu metode untuk mendeteksi posisi rotor merupakan salah satu komponen penggerak yang sering digunakan pada kendaraan listrik menengah karena efisiensi dan pengoprasiannya yang relatif mudah. Oleh karena itu untuk mendorong pengembangan motor BLDC berbasis dalam negeri yang dapat membantu perkembangan kendaraan listrik di indonesia dilakukan penelitian terhadap motor BLDC dengan aplikasi pada sepeda listrik.Pembuatan motor BLDC dilakukan berdasar pada analisa pada software Fusion 360 yang kemudian dilakukan proses desain motor BLDC berbasis pada metode finite element pada menggunakan software Siemens Motorsolve. Parameter hasil perhitungan dan simulasi dijadikan pedoman pada proses winding, manufacturig, hingga pengujian. motor BLDC yang telah diuji dapat menghasilkan kecepatan maksimum 2979 RPM pada pengujian tanpa beban. Pada pengujian berbeban diperoleh torsi maksimum sebesar 2,099 Nm yang bertahan pada kecepatan sebesar 2122 RPM. Dari hasil penelitian didapatkan juga data efisiensi yang terdapat pada motor sebesar 74,7% dan 31% pada saat torsi maksimum. Penurunan efisiensi dari prototipe terjadi karena adanya rugi-rugi yang dihasilkan saat motor berputar yang diubah dalam bentuk panas.
=================================================================================================================================
The development of electric vehicles in Indonesia is relatively new due to several inhibiting factors. One of the influential factors is the high cost of ownership caused by the high cost of components from electric vehicles that generally come from abroad. BLDC motor with hall sensor as one of the methods to detect the rotor position is one of the driving components that is often used in medium electric vehicles because of its efficiency and relatively easy operation. Therefore, to encourage the development of domestically based BLDC motors that can help the development of electric vehicles in Indonesia, research is carried out on BLDC motors with applications on electric bike. BLDC motor manufacturing is carried out based on analysis in Fusion 360 software which is then carried out a BLDC motor design process based on the finite element method using Motorsolve software. The parameters of the calculation and simulation results are used as guidelines for the winding, manufacturig, and testing processes. The BLDC motor that has been tested can produce a maximum speed of 2979 RPM in the no-load test. In the load test, the maximum torque of 2.099 Nm was obtained which lasted at a speed of 2122 RPM. From the research results, the efficiency data contained in the motor is 74.7% and 31% at the time of maximum torque.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Motor BLDC, Finite Element,Torsi, RPM, Sepeda Listrik BLDC Motor,Finite Element, Torque, Electric Bike
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4055 Electric motor
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Irfan Ubaidillah
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:07
Last Modified: 02 Aug 2023 01:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/100197

Actions (login required)

View Item View Item