Desain Dan Evaluasi Antarmuka Dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Web Responsif Myits Studentconnect

Panjaitan, Julietta Anastasia Rodiah Br (2023) Desain Dan Evaluasi Antarmuka Dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Web Responsif Myits Studentconnect. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111940000033-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05111940000033-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengembangkan sebuah sistem yang dapat mengelola data mahasiswa dan menyediakan fitur bagi mahasiswa untuk dapat mencari ilmu dan menambah pengalaman. Fitur ini diantaranya seperti portofolio, magang, beasiswa, dan terutama Satuan Kegiatan Ekstrakurikuler Mahasiswa (SKEM). SKEM diperlukan sebagai salah satu syarat kelulusan dimana mahasiswa wajib memenuhi target nilai SKEM yang sudah ditentukan oleh ITS. Maka dari itu, untuk dapat memfasilitasi seluruh aktivitas diatas, dikembangkanlah sebuah sistem informasi bernama myITS StudentConnect.
Adapun ide yang digunakan pada Tugas Akhir ini adalah menghasilkan desain antarmuka dan pengalaman pengguna aplikasi web myITS StudentConnect yang lebih efisien dan efektif untuk digunakan, serta meningkatkan pemahaman dan kepuasan pengguna yakni mahasiswa ITS dalam memakai aplikasi tersebut. Tujuan dari penelitian aplikasi web myITS StudentConnect ini adalah untuk proses pembaruan sistem baik dari desain antarmuka ataupun pengalaman penggunanya dengan menerapkan metode User-Centered Design yang menjadikan pengguna sebagai pusat pengembangan, agar aplikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Setelah dilakukan riset dan analisa pada aplikasi web myITS StudentConnect, terdapat banyak permasalahan terkait desain antarmuka dan pengalaman penggunanya, hal ini membuat mahasiswa kesulitan dalam menggunakan aplikasi. Adapun permasalahan tersebut terletak pada tampilan atau desain serta diksi yang digunakan pada beberapa komponen tidak familiar dengan pengguna, dan penamaan komponen tidak sesuai dengan fungsionalitasnya. Selain itu, pada beberapa fitur dan menu masih terdapat alur yang sulit untuk dipahami dan dioperasikan sehingga menghambat pengguna untuk menyelesaikan aksinya pada aplikasi.
Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan terhadap perbaikan desain antarmuka dan pengalaman pengguna, hasil yang diperoleh cukup bagus dan mengalami peningkatan yang signifikan, yakni sebesar 20 dengan kategori Acceptable High Good dan Grade B, dimana sebelum dilakukan perbaikan, aplikasi berada pada kategori Marginal Low Ok dengan Grade D. Adapun hasil dari pengujian ini berupa sebuah aplikasi web yang berjalan di perangkat komputer. Aplikasi web ini dirancang menggunakan software Figma, dimana seluruh aset Font dan Icon berasal dari software tersebut. Aplikasi web ini juga dibangun menggunakan bahasa HTML, CSS, dan JavaScript (JS). Kerangka kerja CSS yang digunakan adalah Bootstrap.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: User-Centered Design, Usability Testing, Heuristic Evaluation, HTML, CSS, JavaScript, Bootstrap.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Julietta Anastasia Rodiah Br Panjaitan
Date Deposited: 02 Aug 2023 12:29
Last Modified: 02 Aug 2023 12:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/100228

Actions (login required)

View Item View Item