Rancang Bangun Sistem Pengukuran PH, Kelembapan Dan Temperatur Tanah Dengan Data Logger

Budiarsih, Pramitha Marsha (2023) Rancang Bangun Sistem Pengukuran PH, Kelembapan Dan Temperatur Tanah Dengan Data Logger. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10511910000028-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10511910000028-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam mengukur tingkat kesuburan tanah, dapat dilakukan dengan mengukur beberapa parameter. Parameter-parameter yang digunakan sebagai karakteristik dalam mengukur tingkat kesuburan tanah, yaitu pH, temperatur, dan kelembapan. Beberapa alat ukur untuk menentukan parameter-parameter tersebut telah memiliki nilai yang akurat. Namun, alat ukur ini masih belum memiliki sistem data logger untuk menyimpan hasil pengukuran. Maka, dibuatlah rancangan sistem pengukuran parameter pH, temperatur, dan kelembapan dengan data logger. Sistem ini berbentuk portable dengan menggunakan sensor E201C sebagai alat mengukur pH dan sensor DS18B20 sebagai alat pengukuran temperatur. Juga capacitive soil mosture sensor digunakan untuk mengukur kelembapan. Selain itu, dalam pengujian setiap komponen sensor, rata-rata nilai galat pada setiap sensor tidak lebih dari 5% dengan keakurasian lebih dari 95%. Kemudian, pada perhitungan nilai karakteristik statik setiap komponen sensor juga telah memiliki hasil yang akurat. Pengujian ini dilakukan dengan beberapa langkah disesuaikan dengan media yang digunakan yaitu tanah. Pada pengujian data logger, ketiga sensor telah melakukan pembacaan dengan baik dan data dapat disimpan dalam kartu SD. Selain itu, monitoring pengukuran dapat dilihat secara langsung pada layar LCD juga pada gawai dengan Blynk. Tampilan yang telah diberikan menunjukkan nilai pengukuran pH, temperatur, dan kelembapan yang telah stabil dan diberikan hasil rekomendasi tanaman untuk ditanam sesuai kondisi tanah. Pada pengujian sistem di lapangan, nilai pengukuran ketiga parameter menunjukkan kestabilan pada setiap waktu selama tiga hari. Adapun hasil rekomendasi tanaman yang diberikan yaitu jagung, melon, semangka, dan blewah. Hasil rekomendasi ini telah dikonfirmasi oleh mitra bahwa tanaman-tanaman itu pernah dan sedang ditanam pada lahan tersebut.
==================================================================================================================================
When measuring the level of soil fertility, it can be done by measuring several parameters. The parameters used as characteristics in measuring soil fertility are pH, temperature, and moisture. Some measuring instruments to determine these parameters already have accurate values. However, these measuring instruments still do not have a data logger system to store the measurement results. So, a design of pH, temperature, and humidity parameter measurement system with a data logger was made. This system is portable by using the E201C sensor as a pH measurement tool and the DS18B20 sensor as a temperature measurement tool. Also, a capacitive soil moisture sensor is used to measure humidity. In addition, in testing each sensor component, the average error value on each sensor is no more than 5% with an accuracy of more than 95%. Then, the calculation of the static characteristic value of each sensor component also has accurate results. This test is carried out with several steps adjusted to the media used, namely soil. In the data logger test, the three sensors have taken readings well and the data can be stored on an SD card. In addition, monitoring measurements can be seen directly on the LCD screen and on the device with Blynk. The display that has been given shows the value of pH, temperature, and humidity measurements that have stabilized and shared the results of plant recommendations for planting according to soil conditions. In testing the system in the field, the measurement values of the three parameters showed stability at any time for three days. The crop recommendations given were corn, melon, watermelon, and cantaloupe. The partners have confirmed the results of these recommendations that these plants have been and are currently planted on the land.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Soil PH, Soil Temperature, Soil Moisture, Data Logger, PH Tanah, Temperatur Tanah, Kelembapan Tanah, Data Logger
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Vocational > Instrumentation Engineering
Depositing User: Pramitha Marsha Budiarsih
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:26
Last Modified: 03 Aug 2023 01:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/100240

Actions (login required)

View Item View Item