Analisis Penjadwalan Probabilistik Proyek Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Seksi 1 Menggunakan Simulasi Monte Carlo

Iqbal, Muhamad (2023) Analisis Penjadwalan Probabilistik Proyek Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Seksi 1 Menggunakan Simulasi Monte Carlo. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111940000095-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111940000095-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Proyek Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA dibangun sebagai salah satu sistem jaringan Trans Jawa. Pembangunan ini bertujuan untuk mendukung peningkatan konektivitas, aksesibilitas, dan kapasitan jalan antar wilayah, untuk mengurangi kemacetan, serta untuk mendorong pengembangan wilayah dengan mendorong minat swasta dan masyarakat di Provinsi Jawa Tengah dan DIY. Pada proyek ini mengalami kendala cuaca dan alat berat. Hal ini menyebabkan adanya ketidaksesuain dalam penyelesaian pekerjaan. Dibutuhkan metode penjadwalan yang mempertimbangkan potensi risiko dan ketidakpastian dalam pelaksanaanya, yaitu menganalisis menggunakan metode penjadwalan probabilistik, contohnya dengan menggunakan Simulasi Monte Carlo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa total durasi probabilistk dan persentase probabilitas durasi rencana menggunakan penjadwalan probabilistik berdasarkan Simulasi Monte Carlo. Dalam pembuatan penjadwalan probabilistik menggunakan metode Simulasi Monte Carlo pada penelitian ini memerlukan beberapa tahapan pembuatan. Beberapa tahapan itu adalah pembuatan penetuan aktivitas, hubungan antara aktivitas, estimasi sumber daya aktivitas, estimasi durasi aktivitas, menjalankan Simulasi Monte Carlo, dan analisis hasil Simulasi Monte Carlo. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan didapatkan bahwa total durasi optimis adalah 236 hari dengan probabilitas < 1%. Total durasi pesemis adalah 268 hari dengan probabilitas 100%. Total durasi paling mungkin adalah 252 hari probabilitas 50%. Untuk durasi rencana dengan total 253 hari memiliki probabilitas penyelesaian sebesar 54%. Dan untuk kontingensi waktu yang diambil dengan probabilitas penyelesaian 98% (P98) memiliki selesih sebesar 11 hari sehingga dibutuhkan monitoring pada aktivitas pekerjaan dan pada aktivitas kritis dapat dipertimbangkan untuk dilakukan percepetan penyelesaian.
=================================================================================================================================
The Solo-Yogyakarta-NYIA Toll Road project was built as part of the Trans Java network system. This development aims to support increased connectivity, accessibility and capacity of roads between regions, to reduce congestion, and to encourage regional development by encouraging private and public interest in Central Java Province and DIY. The planning of this project has been carried out in such a way, but the implementation may not have gone perfectly as expected. This project experienced weather and heavy equipment constraints. This causes discrepancies in the completion of work. A scheduling method is needed that considers potential risks and uncertainties in its implementation, namely analyzing using probabilistic scheduling methods, for example using Monte Carlo. This goal of the final project to analyze the total probabilistic duration and the probability percentage of the planned duration using probabilistic scheduling based on Monte Carlo Simulation. In making probabilistic scheduling using the Monte Carlo Simulation method in this project requires several stages of manufacture. Some of these stages are making define activities, sequence activities, estimate activity resource, estimate activity durations and running Monte Carlo Simulations. Based on the results of research that has been done, it was found that the total duration of optimism is 236 days with a probability less than 1%. The total duration of pessimism is 268 days with 100% probability. Total most likely duration is 252 days with 50% probability. For the duration of the plan with a total of 253 days it has a completion probability of 54%. And for the time contingency taken with a completion probability of 98% (P98) has a difference of 11 days so monitoring is needed for work activities that have the potential for delays.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan, Probabilitas, Simulasi Monte Carlo, Monte Carlo Simulation, Probability, Scheduling.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355.4 Toll roads
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Muhamad Iqbal
Date Deposited: 31 Jul 2023 01:23
Last Modified: 31 Jul 2023 01:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/100362

Actions (login required)

View Item View Item