Desain Antarmuka Sistem Rekomendasi Mata Kuliah untuk Perancangan Studi Pendidikan Tinggi dengan Pendekatan Perancangan Berpusat pada Pengguna

Fadila, Raisa Zahra (2023) Desain Antarmuka Sistem Rekomendasi Mata Kuliah untuk Perancangan Studi Pendidikan Tinggi dengan Pendekatan Perancangan Berpusat pada Pengguna. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211940000035-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211940000035-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Dalam dunia pendidikan tinggi, memilih mata kuliah menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi mahasiswa tiap semester. Berbagai macam mata kuliah yang ditawarkan memiliki silabus dan prasyarat yang berbeda. Untuk membuat keputusan mengambil mata kuliah, mahasiswa harus mengumpulkan sedemikian banyak informasi yang terpisah-pisah.
Permasalahan: Kegiatan mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan setiap mata kuliah ini menciptakan cognitive load yang cukup tinggi, dan menjadi proses yang memakan waktu. Melihat hal ini, maka sistem rekomendasi dapat menjadi salah satu solusi untuk membantu mahasiswa. Namun berbeda dengan sistem rekomendasi umum seperti rekomendasi musik dan film, terdapat perbedaan dalam perancangan sistem rekomendasi untuk mata kuliah. Hal ini diakibatkan keputusan yang diambil melalui sistem rekomendasi dalam mata kuliah memiliki risiko yang lebih tinggi daripada sistem rekomendasi konvensional di bidang lain lantaran keputusan tersebut adalah keputusan jangka panjang.
Tujuan: Dengan adanya permasalahan ini, terdapat peluang solusi berupa perancangan antarmuka sistem rekomendasi mata kuliah terpersonalisasi yang secara dinamis dapat mengakomodasi kebutuhan informasi mahasiswa. Karenanya, dalam penelitian ini dilakukan perancangan sistem rekomendasi yang secara khusus menggali kebutuhan dari perencanaan studi dan pemilihan mata kuliah yang terpersonalisasi.
Data dan Metode: Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan perancangan yang berpusat pada pengguna dengan kerangka berpikir design thinking. Metode ini secara iteratif memahami pengguna, menantang asumsi, dan mendefinisikan cakupan masalah guna mengidentifikasi strategi dalam menciptakan solusi dan alternatifnya. Penelitian diawali dengan melakukan identifikasi permasalahan dan tinjauan pustaka, yang kemudian dilanjutkan menentukan permasalahan dan alur pekerjaan pengguna. Selanjutnya, sebagai artefak untuk mengkomunikasikan usulan dan validasi solusi tingkat awal kepada pengguna, dibangun purwarupa awal. Purwarupa ini akan diujikan, dan terus diiterasikan melalui eksperimen desain. Saat iterasi dinilai cukup dan solusi sudah cukup menyelesaikan permasalahan pengguna, maka akan ditarik kesimpulan dan daftar temuan dari purwarupa tahap akhir.
Hasil: Luaran akhir dari penelitian ini adalah dokumen hasil eksperimen desain serta artefak akhir berbentuk purwarupa sistem rekomendasi mata kuliah terpersonalisasi pada level medium-fidelity, dimana navigasi dan fungsi dari purwarupa akan mencakup seluruh alur pekerjaan pengguna yang diideasikan dalam ide solusi, namun belum menjadi produk final. Melalui perancangan antarmuka sistem rekomendasi tersebut, maka cognitive load pada pekerjaan mahasiswa dalam memilih mata kuliah untuk perancangan studinya dapat berkurang, sehingga mereka dapat mencapai tujuan studi dan karir yang baik ke depannya.
Nilai tambah/Manfaat: Penelitian dapat menambah referensi penelitian dan pembelajaran dengan topik dan/atau metode perancangan dengan pendekatan yang berpusat pada pengguna. Selain itu, penelitian ini juga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan sistem rekomendasi terpersonalisasi yang tidak hanya memberikan rekomendasi yang sesuai, namun juga memiliki pengalaman pengguna yang baik untuk mendukung proses pembelajaran di pendidikan tinggi untuk dapat meningkatkan retensi mahasiswa dalam disiplin ilmu yang dipelajari
===============================================================================================================================
Background: In the higher education, choosing courses is one of the challenges students have to face each semester. The various courses offered have different syllabuses and prerequisites. To make a decision for taking a course, students must gather a lot of fragmentary information.
Problem: The activity of collecting information related to each course creates a fairly high cognitive load, and is a time-consuming process. Seeing this, the recommendation system can be a solution to help students. However, in contrast to general recommendation systems such as music and film recommendations, there are differences in the design of recommendation systems for courses. This decisions made through recommendation systems in courses have a higher risk than conventional recommendation systems in other fields because these decisions are long-term decisions.
Purpose: Given this problem, there is an opportunity for a solution in the form of designing a personalized course recommendation system interface that can dynamically accommodate students' information needs. Therefore, in this research a recommendation system was designed that specifically explored the needs of personalized study planning and course selection.
Data and Methods: The research was conducted using a user-centered design approach with a design thinking framework. This method iteratively understands the user, challenges assumptions, and defines the scope of the problem to identify strategies for creating solutions and alternatives. The research begins with identifying problems and reviewing the literature, which then continues to determine the problems and workflow of users. Furthermore, as an artefact for communicating proposals and validating initial level solutions to users, an initial prototype was built. This prototype will be tested, and will continue to be iterated through design experiments. When the iteration is considered sufficient and the solution is sufficient to solve the user's problems, conclusions and a list of findings from the final prototype will be drawn.
Results: The final output of this research is the design experiment result document and the final artifact in the form of a personalized course recommendation system prototype at the medium-fidelity level, where the navigation and function of the prototype will cover the entire user workflow which is idealized in the idea of a solution, but has not yet become a product finals. Through designing the recommendation system interface, the cognitive load on students' work in choosing courses for designing their studies can be reduced, so that they can achieve good study and career goals in the future.
Value added/Benefits: Research can add research and learning references to topics and/or design methods with a user-centered approach. In addition, this research can also be utilized for the development of a personalized recommendation system that not only provides appropriate recommendations, but also has a good user experience to support the learning process in higher education in order to increase student retention in the disciplines studied.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Rekomendasi, Perencanaan Studi Pendidikan Tinggi, Desain Antarmuka, Pengalaman Pengguna, Interaksi Manusia Komputer, Recommender System, Higher Education Study Planning, Interface Design, User Experience, Human Computer Interaction
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T385 Visualization--Technique
T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Raisa Zahra Fadila
Date Deposited: 16 Aug 2023 05:43
Last Modified: 16 Aug 2023 05:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/100388

Actions (login required)

View Item View Item