Perancangan Realokasi Ruang Jalan Dengan Konsep Transitmall Di Kawasan Kayutangan Malang

Alam, Jagad Dipo (2023) Perancangan Realokasi Ruang Jalan Dengan Konsep Transitmall Di Kawasan Kayutangan Malang. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111940000121-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111940000121-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Transitmall merupakan salah satu jenis pedestrian ways yang dibangun dengan model mengalihkan lalu lintas kendaraan dari suatu ruas jalan dan hanya memperbolehkan angkutan umum saja yang lewat. Ruas Jalan Jendral Basuki Rahmat merupakan salah satu wilayah yang dapat diterapkan dengan konsep transitmall ini. Alasan kenapa wilayah ini menjadi pusat perhatian di Kota Malang karena dikenal menjadi pusat pertokoan yang masih kental dengan peninggalan Belandanya. Bersumber pada kondisi eksisting saat ini, fasilitas umum di Jalan Jendral Basuki Rahmat dinilai belum lengkap dan merata sehingga dirasa membutuhkan fasilitas penunjang berupa trotoar dan juga halte untuk angkutan umum massal yang layak. Dengan pembangunan kebutuhan fasilitas umum yang tepat dapat menunjang penerapan konsep transitmall ini. Dari kondisi eksisting tersebut maka dihitunglah analisa terkait kebutuhan fasilitas umum guna menunjang konsep transitmall yang direncanakan. Perencanaannya berpedoman pada standar yang berlaku seperti “Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 3 Tahun 2014”, “Surat Edaran Menteri PUPR Nomor 2 Tahun 2018”, serta beberapa refrensi terkait. Untuk memperoleh data primer yang diperlukan maka dilakukan survey terhadap data volume pejalan kaki, penyebrang jalan, volume lalu lintas, fasilitas pelengkap pejalan kaki serta lebar efektif dari perencanaan trotoar. Sedangkan untuk data sekunder dilihat dari peta tata guna lahan serta peta lokasi. Dari hasil analisa serta perhitungan yang dilakukan pada weekdays dan weekend didapati hasil volume pedestrian terbanyak ada pada 60 pedestrian pada hari sabtu dan 23 penyebrang pada hari minggu. Semuanya dihitung dalam interval 15 menit. Sedangkan untuk Tingkat pelayanan trotoar yang di dapat dengan menggunakan metode HCM, terdapat 1 tipe level of service yaitu Tipe A dengan lebar efektif trotoar 2,75 m dengan Vp = 3 orang/m/menit. Pada perencanaan fasilitas penyeberangan menggunakan tipe pelican cross dan desain halte yang digunakan adalah tipe shuttle.
==================================================================================================================================
Transitmall is a type of pedestrian way built with a model of diverting vehicle traffic from a road section and only allowing public transport to pass. Jendral Basuki Rahmat street is one of the areas that can be applied to this transitmall concept. The reason it’s the center of attention in Malang City and known as a shopping center which is still thick with its Dutch heritage. Based on the current existing conditions, public facilities on that street are considered to be incomplete so it’s felt that they need supporting facilities in the form of sidewalks and stops for proper mass public transportation. With the development of the need for appropriate public facilities, it can support the application of this concept. From these existing conditions, an analysis related to the needs of public facilities is calculated to support the planned transitmall concept. The planning is guided by applicable standards such as "Regulation of the Minister of Public Works Number 3 of 2014", "Circular of the Minister of PUPR Number 2 of 2018", as well as several related references. To obtain the necessary primary data, a survey was conducted on pedestrian volume, pedestrian crossings, traffic volume, pedestrian auxiliary facilities and the effective width of the sidewalk planning. As for the secondary data seen from the land use map and location map. From the analysis and calculations carried out on weekdays and weekends, it was found that the highest pedestrian volume in 15 minute intervals was 60 pedestrians on Saturday and 23 crossers on Sunday. As for the service level of the sidewalks obtained using the HCM method namely Type A with an effective sidewalk width of 2.75 m and Vp = 3 people/m/minute. In planning the crossing facilities using the Pelican cross and the bus stop design used the Shuttle type.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas umum, Trotoar, Halte, Transitmall, Jalan Jendral Basuki Rahmat Malang, Sidewalk and Stop Facilities, Transitmall , Jendral Basuki Rahmat Malang Streets
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL725.3 Traffic Control
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Jagad Dipo Alam
Date Deposited: 29 Jul 2023 04:44
Last Modified: 29 Jul 2023 04:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/100432

Actions (login required)

View Item View Item