Perancangan Sistem Pemanduan Rudal Dengan Menggunakan Metode Sliding Mode Control Untuk Sasaran Berkecepatan Tinggi

Fary, Muhammad (2023) Perancangan Sistem Pemanduan Rudal Dengan Menggunakan Metode Sliding Mode Control Untuk Sasaran Berkecepatan Tinggi. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111940000181-Undregraduate_Thesis.pdf] Text
07111940000181-Undregraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sistem pertahanan udara menjadi hal yang pentik untuk suatu negara. Salah satu pertahanan udara yang utama adalah peluru kendali (rudal). Peluru kendali merupakan kapal tak berawak yang terbang dan mengendalikan jalur lintasannya. Untuk sasaran yang berkecepatan tinggi, diperlukan sistem pemanduan dan autopilot yang dapat mengikuti sasaran. Rudal sendiri dikategorikan sebagai sistem nonlinear oleh karena itu diperlukan metode autopilot non-linear sehingga rudal dapat mencapai target dengan waktu tercepat. Salah satu metode kontrol non-linear adalah Sliding Mode Control (SMC). SMC memaksa trayektori dari sistem menuju sliding surface dan mempertahankan state tersebut berada pada sliding surface. Selain autopilot, diperlukan juga pemanduan (guidance) yang digunakan untuk memberikan arah yang diperlukan rudal untuk mencapai target. Dalam simulasi ini digunakan dua jenis pemanduan yakni, Line Guidance dan Proportional Guidance. Untuk autopilot sendiri menggunakan SMC dengan kontrol ekivalen menggunakan NLQT dan untuk memperbaiki hasil pengukuran sensor digunakan Extended Kalman Filter (EKF). Dari hasil simulasi, sistem rudal yang dirancang dapat bekerja dengan baik. Lalu untuk pengujian autopilot untuk percepatan normal dan lateral diberi referensi tertentu dan dapat mencapai nilai referensi yang diberikan. Untuk sistem pemanduan dapat mengintersep target yang memiliki beberapa manuver gerak. Lalu penambahan EKF dapat memperbaiki hasil pengukuran yang terdapat noise pada pengukuran. Dan terakhir perbandingan autopilot dengan menggunakan metode SMC dan NLQT diperoleh hasil bahwa dengan metode SMC diperoleh waktu intersep yang lebih cepat daripada menggunakan metode NLQT
======================================================================================================================================
Air defense systems are essential for a country. One of the main air defenses is missiles. A missile is an unmanned ship that flies and controls its trajectory. For high-speed targets, a guidance and autopilot system that can follow the target is required. The missile itself is categorized as a nonlinear system, therefore a non-linear autopilot method is needed so that the missile can reach the target in the fastest time. One of the non-linear control methods is Sliding Mode Control (SMC). SMC forces the trajectory of the system towards the sliding surface and maintains the state on the sliding surface. In addition to the autopilot, guidance is also required to give the missile the necessary direction to reach the target. In this simulation, two types of guidance are used, namely, Line Guidance and Proportional Guidance. The autopilot itself uses SMC with equivalent control using NLQT and to improve the sensor measurement results, Extended Kalman Filter (EKF) is used. From the simulation results, the designed missile system can work well. Then for autopilot testing for normal and lateral acceleration is given a certain reference and can reach the given reference value. The guidance system can intercept targets that have several motion maneuvers. Then the addition of EKF can improve the measurement results that have noise in the measurement. And finally, the comparison of the autopilot using the SMC and NLQT methods showed that the SMC method obtained a faster intercept time than using the NLQT method

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peluru Kendali, Sistem Pemanduan. Sliding Mode Control, Extended Kalman Filter; Missile, Guidance System, Sliding Mode Control, Extended Kalman Filter
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ217.2 Robust control
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Fary
Date Deposited: 04 Aug 2023 02:17
Last Modified: 30 Aug 2023 07:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/100445

Actions (login required)

View Item View Item