Pemodelan Tingkat Mortalitas Menggunakan Model Lee-Carter dan Penerapannya pada Analisis Risiko Longevity

Mundisari, Elysha (2023) Pemodelan Tingkat Mortalitas Menggunakan Model Lee-Carter dan Penerapannya pada Analisis Risiko Longevity. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 06311940000043-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
06311940000043-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Angka mortalitas atau angka kematian merupakan parameter dalam penghitungan demografi yang berfungsi untuk mengukur pengurangan jumlah penduduk. Tingkat mortalitas sendiri banyak digunakan pada bidang ekonomi maupun kesehatan. Model Lee-Carter adalah pendekatan statistik yang digunakan untuk memodelkan tingkat mortalitas, yang telah terbukti menjadi alat yang berguna untuk menganalisis risiko longevity. Model ini menggunakan deret waktu dari tingkat kematian spesifik usia untuk meramalkan tingkat mortalitas di masa depan, dan dapat diterapkan pada data historis dan data saat ini. Salah satu aplikasi utama dari model Lee-Carter adalah dalam menganalisis risiko longevity, yang mengacu pada risiko bahwa orang akan hidup lebih lama dari yang diharapkan, yang mengarah pada peningkatan biaya untuk program pensiun dan perusahaan asuransi. Model Lee-Carter digunakan untuk meramalkan tingkat kematian di masa depan, entitas-entitas ini dapat mengelola risiko mereka dengan lebih baik dan membuat keputusan yang lebih tepat mengenai kewajiban mereka. Selain penerapannya dalam analisis risiko longevity, model Lee-Carter juga telah digunakan di bidang lain, seperti meramalkan tingkat mortalitas di negara-negara berkembang dan menganalisis dampak kemajuan medis terhadap tingkat mortalitas. Secara keseluruhan, model Lee-Carter adalah alat yang ampuh untuk memodelkan tingkat mortalitas dan memiliki banyak aplikasi di bidang ilmu aktuaria dan manajemen risiko. Pada penelitian ini dihitung estimasi tingkat mortalitas Indonesia berdasarkan jenis kelamin menggunakan model Lee-Carter dan dilakukan analisis risiko longevity dari hasil estimasi. Estimasi parameter yang dihasilkan pada penelitian ini dapat dikatakan akurat dan parameter yang diramalkan untuk 25 tahun kedepan memiliki pola yang terus menurun.
==================================================================================================================================
The mortality rate is a parameter in demographic calculations that functions to measure population reduction. The mortality rate itself is widely used in the economic and health fields. The Lee-Carter model is a statistical approach used to model mortality rates, which has proven to be a useful tool for analyzing longevity risk. This model uses a time series of age-specific mortality rates to forecast future mortality rates, and can be applied to both historical and current data. One of the key applications of the Lee-Carter model is in analyzing longevity risk, which refers to the risk that people will live longer than expected, leading to increased costs for pension plans and insurance companies. By using the Lee-Carter model to forecast future mortality rates, these entities can better manage their risk and make more informed decisions about their liabilities. In addition to its application in longevity risk analysis, the Lee-Carter model has also been used in other areas, such as forecasting mortality rates in developing countries and analyzing the impact of medical advances on mortality rates. Overall, the Lee-Carter model is a powerful tool for modelling mortality rates and has numerous applications in the field of actuarial science and risk management. In this study, the estimated mortality rate for Indonesia based was calculated using the Lee-Carter model and a longevity risk analysis was performed from the estimation results. The results of parameter estimation in this study can is accurate and the parameters predicted for the next 25 years have a decreasing pattern.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Singular Value Decomposition, Model Lee-Carter, Random Walk with Drift, Tingkat Mortalitas, Mortality Rate.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA401 Mathematical models.
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Actuaria > 94203-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Elysha Mundisari
Date Deposited: 30 Jul 2023 12:38
Last Modified: 30 Jul 2023 12:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/100450

Actions (login required)

View Item View Item