BUKHORI, MOEH IMAM (2014) SIMULASI KOMPOSIT ISOPOLIESTER/SERAT KACA UNTUK APLIKASI TANGKI GAS ALAM TERKOMPRESI (CNG) TIPE IV DENGAN VARIASI ARAH SERAT TERHADAP TEKANAN INTERNAL. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2708100089-abstract.pdf - Published Version Download (91kB) | Preview |
Preview |
Text
2708100089-conclusion.pdf - Published Version Download (123kB) | Preview |
Text
2708100089-undergraduate thesis.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Komposit serat kaca/Isopoliester memiliki potensi untuk dibentuk menjadi tangki CNG tipe IV. Studi ini menggunakan simulasi numerik dengan metode elemen hingga untuk mengkaji kemampuan komposit dalam menerima beban tekanan internal. Faktor keamanan yang digunakan adalah 1,5 sehingga nilai tekanan internal yang diaplikasikan sebesar 30 Mpa. Jumlah lapisan laminat dan konfigurasi arah serat dipilih sebagai variabel bebas. Analisa numerik tangki CNG dilakukan dengan menggunakan program MSC Nastran. Distribusi pergeseran pada tangki menunjukkan konfigurasi sudut (0,90) memberikan hasil optimum untuk diaplikasikan. Jumlah lapisan minimum yang dibutuhkan pada komposit adalah 24 lapis laminat atau 15,3 mm sesuai teori analisis kegagalan tsai-hil. Sehingga, material komposit serat kaca/isopolester tidak disarankan sebagai alternatif bahan pembuatan tangki CNG tipe IV.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSMt 620.118 Buk s |
Uncontrolled Keywords: | analisa numerik, komposit laminat, serat kaca, ,isopolyester, tangki compressed natural gas (CNG ) tipe IV, tekanan internal. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 09 Dec 2016 03:43 |
Last Modified: | 09 Dec 2016 03:43 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/1005 |
Actions (login required)
View Item |