Analisis Faktor-Faktor Kerentanan dan Mitigasi Banjir Rob Kota Pekalongan

Adyatma, Rahadian (2023) Analisis Faktor-Faktor Kerentanan dan Mitigasi Banjir Rob Kota Pekalongan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09311940000033-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
09311940000033-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia. Kenyataan ini memberikan keuntungan sumber daya pantai yang berlimpah, namun juga meningkatkan risiko bencana banjir pasang air laut. Kota Pekalongan, yang terletak di pantai utara Pulau Jawa, merupakan wilayah pesisir yang memiliki risiko Banjir Rob. Dengan jumlah penduduk mencapai 316.728 jiwa, perekonomian Pekalongan salah satunya ditopang oleh industri kerajinan batik. Kehadiran Banjir Rob tentu berpotensi mengganggu aktivitas ekonomi dan berdampak negatif dari sisi ekologi, sosial, infrastruktur, dan pembangunan. Terdapat 4 faktor, yaitu lingkungan, ekonomi, fisik, dan sosial, serta 45 indikator yang menjadi penyebab kerentanan terhadap Banjir Rob (UNESCO-IHE-FVI, 2014). Penelitian ini menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP) dan analytical network process (ANP), mengumpulkan data primer melalui kuesioner perbandingan berpasangan berdasarkan purposive sampling. Tujuan penggunaan AHP dan ANP ialah untuk mencari hubungan antara faktor dan indikator penyebab kerentanan Banjir Rob di Kota Pekalongan serta mengidentifikasi solusi keputusan yang paling efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kerentanan lingkungan menjadi penyebab utama terjadinya Banjir Rob di Kota Pekalongan. Langkah mitigasi paling efektif adalah merelokasi wilayah yang terkena dampak Banjir Rob. Namun, hal ini tidak mudah karena membutuhkan biaya yang besar. Kebijakan alternatif yang paling dapat diandalkan ialah membangun tanggul, karena biayanya lebih rendah dan waktu pelaksanaannya lebih singkat. Pemerintah Kota Pekalongan perlu memahami indikator kerentanan untuk membuat program dan mengambil keputusan yang tepat sesuai permasalahan lapangan, sehingga setiap kebijakan dan program yang dilaksanakan sesuai dan efektif dalam upaya mitigasi atau mengurangi kerentanan akibat Banjir Rob.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kerentanan, Banjir Rob, Lingkungan, Ekonomi, Sosial, AHP, ANP, Mitigasi, Masyarakat Pesisir.
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT133 City and Towns. Land use,urban
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT166 City Planning--Environmental aspects
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT390+ Coastal zone management
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Developmental Studies > 60201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: rahadian adyatma
Date Deposited: 30 Jul 2023 15:16
Last Modified: 30 Jul 2023 15:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/100501

Actions (login required)

View Item View Item