Bagaskara, Hananta Rizky Brahmantya (2023) Faktor Preferensi Komuter Sidoarjo - Surabaya Terhadap Penggunaan Bus Trans Jatim. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Text
08211940000060-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2025. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Meningkatnya jumlah kendaraan pribadi, tentunya akan dapat menyebabkan timbulnya permasalahan berupa kemacetan. Di Indonesia sendiri berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik pada tahun 2021, jumlah kendaraan pribadi di indonesia meningkat sebanyak 5,9 juta unit dalam kurun waktu 1 tahun. Salah satu solusi yang dapat ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan mengakomodasi perjalanan yang dilakukan oleh masyarakat menggunakan transportasi publik. Pemerintah Provinsi Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa telah meresmikan beroperasinya Bus Trans Jatim Koridor 1 di terminal porong Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Bus Trans Jatim melayani wilayah Sidoarjo–Surabaya–Gresik. Tentunya dengan adanya upaya pengembangan transportasi publik ini merupakan awal yang baik bagi moda transportasi publik berbabasis bus yang beroperasi di kawasan Sidoarjo – Surabaya.
Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM), dimana analisis ini digunakan untuk mengidentifikasi besar pengaruh dari masing – masing indikator yang telah dirumuskan terhadap preferensi komuter Sidoarjo–Surabaya dalam memilih untuk menggunakan Bus Trans Jatim. Indikator sebagai objek penelitian ini diantaranya adalah karakteristik pelaku perjalanan, karakteristik pola perjalanan, operasional, kenyamanan-keamanan, integrasi-akses, serta informasi-komunikasi, dengan total variabel teramati yang tersebar pada masing – masing indikator sejumlah 18 variabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menjadi preferensi komuter Sidoarjo – Surabaya terhadap penggunaan Bus Trans Jatim yang cukup signifikan adalah indikator karakteristik pelaku perjalanan (X1) serta kenyamanan-keamanan (X4). Pada indikator X1, variabel teramati yang memiliki pengaruh cukup signifikan dalam preferensi pengguna adalah pendapatan serta kepemilikan kendaraan pribadi. Sedangkan untuk indikator X4, variabel yang memiliki nilai pengaruh cukup signifikan adalah keamanan pada halte bus, kenyamanan-keamanan di dalam bus. Analisis yang dilakukan menghasilkan suatu model matematis seputar preferensi pengguna Bus Trans Jatim, yakni Y = 0,096X1+0,261X4. Hasil tersebut diharapkan akan bermanfaat bagi pengembangan pelayanan Bus Trans Jatim pada koridor – koridor baru kedepannya, serta dapat dijadikan sebagai masukan untuk mengoptimalkan pelayanan Bus Trans Jatim pada koridor 1.
===============================================================================================================================
The increasing number of private vehicles will certainly causing traffic congestion problems. In Indonesia, based on data published by the Central Bureau of Statistics in 2021, the number of private vehicles in Indonesia increased by 5.9 million units within 1 year. One solution that can be offered to solve this problem is to accommodate trips made by the community using public transportation. East Java Provincial Government Mrs. Khofifah Indar Parawansa has inaugurated the operation of Trans Jatim Bus Corridor 1 at the porong terminal in Sidoarjo Regency, East Java. The Trans Jatim bus serves the Sidoarjo-Surabaya-Gresik area. Of course, this public transportation development effort is a good start for bus-based public transportation modes operating in the Sidoarjo - Surabaya area.
The research conducted utilized Structural Equation Model (SEM) as the analytical method to assess the preference factors of Sidoarjo-Surabaya commuters in choosing Trans Jatim Bus. Various indicators, including traveler characteristics, travel pattern characteristics, operations, comfort-safety, integration-access, and information-communication, were analyzed using 18 observed variables.
The results showed that traveler characteristics (X1) and comfort-safety (X4) significantly influenced public preferences in choosing the Trans Jatim Bus. Notably, income and private vehicle ownership were significant variables within the X1 indicator, while security at bus stops and comfort-safety on the bus were significant variables within the X4 indicator. The analysis generated a mathematical model, Y = 0.096X1 + 0.261X4, which is representing Trans Jatim Bus user preferences by the X1 and X4 Indicators. These research findings will be valuable for future development and optimization of Trans Jatim Bus services in new corridors, particularly corridor 1.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bus Rapid Transit (BRT), Bus Trans Jatim, SEM, Transportasi, Bus Rapid Transit (BRT), SEM, Transportation, Trans Jatim Bus, |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE336.C5 Choice of transportation |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Regional & Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Hananta Rizky Brahmantya Bagaskara |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 02:43 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 02:43 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/100521 |
Actions (login required)
View Item |