Syarafina, Dalila Shafa (2023) Analisis Kesuksesan Aplikasi Sayurbox Di Indonesia Dengan Pendekatan Delone And Mclean Information System Sucess Model. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.
Text
05211940000146-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 September 2025. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan ekosistem digital serta adanya revolusi industri 4.0 di berbagai sektor telah mengubah berbagai aspek pada kehidupan manusia termasuk dalam sektor layanan Online Grocery Shopping. Perubahan gaya hidup menjadi faktor adanya perubahan dalam pemilihan tempat masyarakat untuk berbelanja sayur yaitu dari pasar tradisonal, supermarket (offline market) menjadi pembelian secara online. Salah satu layanan Online Grocery Shopping yang menjadi pioner adalah Sayurbox, Aplikasi Sayurbox merupakan aplikasi E-Groceries berbasis mobile yang digunakan oleh Masyarakat indonesia untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari secara online tanpa harus susah payah pergi berbelanja ke pasar ataupun tukang sayur keliling maupun konvensional. Namun banyaknya layanan aplikasi Online Grocery baru membuat Penggunaan layanan Sayurbox menjadi berkurang. Sehingga, analisis terkait faktor- faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna dalam menggunakan layanan Sayurbox perlu dilakukan sebagai langkah strategis untuk pengembangan layanan Sayurbox. Proses analisis serta pengujian dalam peneliti ini dlakukan menggunakan metode Partial Least Square Stuctural Equation Modelling (PLS-SEM) serta model penelitian yang digunakan yaitu Delone dan Mclean Information Systems Sucess Model.Model Delone dan Mclean memiliki enam variabel meliputi Information Quality, System Quality, Service Quality, Use, User Satisfaction dan Net Benefits yang dapat memengaruhi intensi berperilaku pengguna dan dapat dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dan proses yang dilakukan yaitu menggunakan penyebaran kuisioner secara online melalui media sosial dengan responden yang menggunakan aplikasi Sayurbox . Penelitian Tugas Akhir ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor dari variabel-variabel yang memengaruhi kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi mobile Sayurbox dan memberi rekomendasi bagi Sayurbox terhadap pengembangan layanan aplikasinya. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu kualitas informasi berpengaruh positf terhadap kepuasan pengguna dalam penggunaan aplikasi Sayurbox, Kualitas sistem dan kualitas servis dari layanan aplikasi Sayurbox memiliki pengaruh positif terhadap pengguna dan kepuasan penggunaan dalam memakai layanan Sayurbox, kemudian hubungan antara kepuasan pengguna terhadap penggunaan layanan aplikasi Sayurbox berpengaruh positif. Terakhir didapatkan hasil bahwa penggunaan dan kepuasan pengguna memiliki pengaruh positif terhadap manfaat-manfaat yang didapat ketika menggunakan layanan aplikasi Sayurbox untuk berbelanja kebutuhan.
==================================================================================================================================
The development of digital ecosystems and Industrial Revolution 4.0 in various fields has transformed many aspects of human life, including the field of online grocery shopping services. Lifestyle changes are driving people's choice of where to buy vegetables from traditional markets to supermarkets (offline markets) and online shopping. One of the pioneering online grocery shopping services is Sayurbox. SayurBox application is a mobile-based e-grocery application that enables Indonesians to buy groceries online without the hassle of going to the market, traditional or mobile vegetable outlets. However, usage of the Sayurbox service has declined due to the number of new online grocery application services. Therefore, as a strategic step in the development of the Sayurbox Service, it is necessary to carry out an analysis of the factors that affect the satisfaction of users when using the Sayurbox Service. The analysis and testing process in this study was performed using the Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) technique and the research model used was his Delone and Mclean Information Systems success model. Delone and Mclean models have six variables, including information quality, system quality, service quality, utilization, user satisfaction, and net profit, which can influence users' behavioral intentions, and PLS-SEM can be analyzed using techniques. The process carried out consists of online surveys via social media with respondents using the Sayurbox application. The purpose of this final project study is to analyze the variable factors that affect user satisfaction while using the Sayurbox mobile application and to provide recommendations for Sayurbox to develop application services. As a result of this research, the quality of information has a positive impact on users' satisfaction when using the Sayurbox application, and the system quality and service quality of the Sayurbox application service have a positive effect on users and their satisfaction when using Sayurbox. It has been found to have a positive impact on Service has it. Then there will be a positive effect between the user's satisfaction and his use of Sayurbox application services. In conclusion, we can conclude that usage and user satisfaction have a positive impact on the benefits obtained when using Sayurbox application services for shopping needs.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Groceries, Analisis Kesuksesan, Delone dan Mclean, E-Groceries, Sucessful Factors, Delone and Mclean. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling. |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Dalila Shafa Syarafina |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 14:54 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 14:54 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/100588 |
Actions (login required)
View Item |