Studi Kelayakan Jalan Ring Road Timur Kota Madiun dari Sisi Ekonomi dan Lalu Lintas

Satyagraha, Widigda (2023) Studi Kelayakan Jalan Ring Road Timur Kota Madiun dari Sisi Ekonomi dan Lalu Lintas. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111940000054-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111940000054-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kota Madiun merupakan sebuah Kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pertumbuhan ekonomi Kota Madiun membuat arus lalu lintas semakin memadat. Terdapat banyak kendaraan berat yang melewati pusat Kota Madiun. Hal ini dikarenakan tidak ada opsi jalur memadai untuk melewati kota lainnya. Megaproyek Jalan Ring Road Timur Kota Madiun merupakan salah satu proyek nasional yang telah tertera pada Peraturan Presiden Nomor 80 tahun 2019 sebagai daerah yang masuk dalam rintisan pembangunan Kawasan Selingkar Wilis. Jalan tersebut direncanakan melewati sebagian wilayah di Kecamatan Taman hingga ke Jalan Raya Madiun – Ponorogo. Pintu masuk ring road akan terletak di dekat terminal kargo dan pintu keluarnya akan berada di Jalan Raya Madiun – Ponorogo. Dengan dibangunnya jalan ring road timur harapannya dapat memecahkan masalah kepadatan pada pusat Kota Madiun. Pembangunan Jalan Ring Road Timur ini juga diharapkan dapat memberi dampak positif pada kawasan yang dilintasi oleh jalan tersebut. Perlu dilaksanakan beberapa tahapan studi kelayakan untuk menilai kelayakan dari proyek tersebut, salah satunya ialah studi kelayakan ekonomi dan studi kelayakan lalu lintas. Metodologi yang digunakan akan dimulai dari menganalisis kondisi karakteristik jalan eksisting dari sisi lalu lintas lalu dilanjutkan dengan analisis trip assignment untuk menentukan alternatif trase jalan yang akan dipilih. Akan dilakukan analisis kelayakan ekonomi berdasarkan penghematan pada biaya operasional kendaraan dan nilai waktu menggunakan metode Jasa Marga. Proyek Pembangunan Jalan Ring Road Timur Kota Madiun akan dinilai kelayakannya menggunakan metode Benefit – Cost Ratio dan Nett Present Value dengan keuntungan digunakan penghematan biaya operasi kendaraan serta nilai waktu dan biaya menggunakan biaya pembanguan dan pemeliharaan proyek. Tugas akhir ini diharapkan dapat menghasilkan analisa terkait kelayakan dari Jalan Ring Road Timur Kota Madiun dari sisi ekonomi dan lalu lintas.
Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada Tugas Akhir ini didapatkan derajat kejenuhan pada jalan eksisting dalam keadaan proyek belum dilaksanaakan sebesar 0,7903 pada tahun 2024 dan 2,0185 pada tahun 2044. Setelah pembangunan proyek telah dilakukan didapatkan derajat kejenuhan jalan eksisting pada tahun 2024 adalah 0,342 dengan derajat kejenuhan jalan rencana sebesar 0,1705. Pada tahun 2044, didapatkan derajat kejenuhan pada jalan eksisting sebesar 0,8737 dan derajat kejenuhan pada jalan rencana sebesar 0,4356. Didapatkan penghematan BOK sebesar Rp 3.070.586.563.646 dan penghematan nilai waktu Rp 4.067.980.908.117 dengan total penghematan sebesar Rp 7.138.567.471.824. Dari hasil penghematan yang dilakukan didapatkan nilai BCR = 3,1995 > 1 dan nilai NPV = Rp 2.386.471.804.172 > 0. Dikarenakan nilai BCR > 1 dan nilai NPV > 0 dapat dikatakan bahwa Proyek Jalan Ring Road Timur Madiun layak untuk dilaksanakan.
================================================================================================================================
Madiun City is a city located in East Java Province, Indonesia. The economic growth of Madiun City has made the traffic flow even more solidified. There are many heavy vehicles passing through the center of Madiun. This is because there are no adequate route options to pass through other cities. The East Ring Road Megaproject of Madiun City is one of the national projects that has been listed in Presidential Regulation Number 80 of 2019 as an area that is included in the pioneering development of the Seling Wilis Area. The road is planned to pass through part of the area in Taman District to the Madiun – Ponorogo Highway. The ring road entrance will be located near the cargo terminal and the exit will be on the Madiun – Ponorogo Highway. With the construction of the eastern ring road, it is hoped that it can solve the problem of overcrowding in the center of Madiun City. The construction of the East Ring Road is also expected to have a positive impact on the area crossed by the road. It is necessary to carry out several stages of feasibility studies to assess the feasibility of the project, one of which is an economic feasibility study and a traffic feasibility study.
The methodology used will start from analyzing the condition of the characteristics of the existing road from the traffic side followed by trip assignment analysis to determine the alternative road traffic to be chosen. An economic feasibility analysis will be conducted based on savings in vehicle operating costs and time value using Jasa Marga method. The Madiun City East Ring Road Construction Project will be assessed for feasibility using the Benefit – Cost Ratio and Nett Present Value methods with the benefit of saving vehicle operating costs as well as the value of time and costs using the cost of building and maintaining the project. This final project is expected to produce an analysis related to the feasibility of the East Ring Road in Madiun City in terms of economy and traffic.
Based on the results of research that has been carried out in this Final Project, it was found that the degree of saturation on existing roads in the state of the project has not been implemented is 0.7903 in 2024 and 2.0185 in 2044. After the construction of the project has been carried out, it is found that the degree of saturation of existing roads in 2024 is 0.342 with the degree of saturation of planned roads of 0.1705. In 2044, the degree of saturation on the existing road is 0.8737 and the degree of saturation on the planned road is 0.4356. BOK savings of IDR 3.070.586.563.646 and time value savings of IDR 4,067,980,908,117 were obtained with a total savings of IDR 7.138.567.471.824. From the savings made, BCR value = 3,1995 > 1 and NPV value = Rp 2.386.471.804.172 > 0. Because the BCR value > 1 and NPV value > 0, it can be said that the East Madiun Ring Road Project is feasible.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kota Madiun, Jalan Lingkar Timur Madiun, Kelayakan Ekonomi, Kelayakan Lalu Lintas, Madiun City, Madiun East Ring Road, Economic Feasibility, Traffic Feasibility
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Widigda Satyagraha
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:45
Last Modified: 01 Aug 2023 08:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/100697

Actions (login required)

View Item View Item