Hakim, Inaki Maulida (2023) Pengembangan Model Untuk Evaluasi Faktor Keberhasilan Implementasi Internet of Things (IoT) Pada Industri Otomotif di Indonesia. Doctoral thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
7010201007-Dissertation.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2025. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan Roadmap Making Indonesia 4.0 sebagai langkah untuk memasuki era revolusi industri 4.0 dengan tujuan meningkatkan daya saing industri agar dapat masuk ke dalam 10 besar ekonomi dunia pada tahun 2030. Peranan Internet of Things (IoT) dalam revolusi industri ini memiliki kepentingan yang tinggi karena mampu meningkatkan efisiensi kerja dan mengurangi biaya operasional perusahaan. Beberapa perusahaan manufaktur di Indonesia telah berhasil mengimplementasikan teknologi IoT. Oleh karena itu, penting untuk mengidentifikasi faktor-faktor keberhasilan dalam penerapan teknologi IoT agar keberhasilan perusahaan yang telah menerapkan IoT dapat menjadi panduan bagi perusahaan lain. Penelitian ini membahas mengenai identifikasi dan evaluasi faktor-faktor keberhasilan implementasi Internet of Things (IoT) pada perusahaan otomotif di Indonesia yang memiliki karakteristik spesifik yang mungkin berbeda dengan kondisi di negara lain.
Penelitian ini dimulai dengan melakukan identifikasi faktor-faktor keberhasilan implementasi IoT melalui studi literatur, yang menghasilkan 8 dimensi dan 34 sub dimensi faktor keberhasilan dalam implementasi IoT. Selanjutnya, dilakukan survei dengan pertanyaan terbuka (Open Ended Question) yang mencakup 27 subdimensi yang dipilih oleh responden dan menerima 9 sub dimensi masukan dari responden. Validasi dilakukan menggunakan Metode Delphi dalam 3 putaran. Panel ahli yang terdiri dari 5 orang dengan latar belakang yang beragam, termasuk akademisi, praktisi, dan kementerian perindustrian, digunakan dalam penelitian ini. Setelah melakukan wawancara, ditemukan 8 dimensi dan 32 sub dimensi yang valid menjadi faktor-faktor keberhasilan implementasi IoT pada industri otomotif di Indonesia.
Langkah berikutnya adalah menguji hubungan antar faktor-faktor keberhasilan menggunakan metode DEMATEL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi Inovasi dan Ide memiliki pengaruh paling kuat terhadap 7 dimensi lainnya. Metode ANP digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan peringkat dimensi dan subdimensi berdasarkan bobot global yang diperoleh melalui wawancara dengan panel ahli. Penelitian ini menghasilkan 2 model evaluasi menggunakan Analisis Regresi Logistik. Pada Model 1 Analisis Regresi Logistik, terdapat 5 variabel independen yang signifikan dan 3 variabel independen yang tidak signifikan. Pada Model 2 Analisis Regresi Logistik, terdapat 4 variabel independen yang signifikan dan 1 variabel independen yang tidak signifikan. Hasil akurasi model diperoleh model 1 sebesar 86% dan model 2 sebesar 88%. Model evaluasi ini digunakan untuk manager perusahaan untuk evaluasi dan perumusan strategi yang lebih efisien terkait dengan faktor keberhasilan implementaasi IoT di industri otomotif untuk meningkatkan proses bisnis perusahaan dalam meraih keunggulan jangka panjang.
================================================================================================================================
The Indonesian government has issued the Making Indonesia 4.0 Roadmap as a step to enter the era of the Fourth Industrial Revolution, with the aim of enhancing the competitiveness of industries and positioning Indonesia among the top 10 world economies by 2030. The role of the Internet of Things (IoT) in this industrial revolution is crucial as it can improve work efficiency and reduce costs for companies. Several manufacturing companies in Indonesia have successfully implemented IoT technology. Therefore, it is important to identify the success factors in IoT implementation so that the success of these companies can serve as a reference for others. This research discusses the identification and evaluation of success factors in implementing the Internet of Things (IoT) in the automotive industry in Indonesia, which may have specific characteristics different from other countries. The research begins by identifying success factors in IoT implementation through literature review, resulting in 8 dimensions and 34 sub-dimensions of success factors in IoT implementation. Subsequently, an Open-Ended Question survey was conducted, with 27 sub-dimensions selected by respondents and 9 sub-dimensions provided by respondents. Validation was carried out using the Delphi Method in 3 rounds. The expert panel consisted of 5 individuals with diverse backgrounds, including academics, practitioners, and representatives from the Ministry of Industry. After conducting interviews, 8 valid sub-dimensions and 32 sub-dimensions were obtained as success factors in implementing IoT in the automotive industry in Indonesia. The next step is to examine the relationship between success factors using the DEMATEL method. The results of the study show that the Innovation and Idea dimensions have the strongest influence on the other 7 dimensions. The ANP method was used in this study to obtain dimension and sub-dimensional rankings based on global weights obtained through interviews with a panel of experts. This study produced 2 evaluation models using Logistic Regression Analysis. In Model 1 of Logistic Regression Analysis, there are 5 significant independent variables and 3 insignificant independent variables. In Model 2 of Logistic Regression Analysis, there are 4 significant independent variables and 1 insignificant independent variable. The results of the model accuracy were obtained by model 1 of 86% and model 2 of 88%. This evaluation model is used for company managers to evaluate and formulate more efficient strategies related to the success factors of IoT implementation in the automotive industry to improve company business processes in achieving long-term excellence.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | faktor keberhasilan, IoT, industri otomotif, Industri 4.0. critical success factor, Internet of things (IoT), automotive industry, industry 4.0. |
Subjects: | Q Science Q Science > Q Science (General) Q Science > Q Science (General) > Q180.55.M38 Mathematical models |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26001-(S3) PhD Thesis |
Depositing User: | Inaki Maulida Hakim |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 07:38 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 07:38 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/100747 |
Actions (login required)
View Item |