Pengembangan Sistem Backend Pada Aplikasi Ibrain Berbasis Native Cloud

Kristabel, Androsa (2023) Pengembangan Sistem Backend Pada Aplikasi Ibrain Berbasis Native Cloud. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07211940000045-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
07211940000045-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 1 September 2025.

Download (45MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan aplikasi ibrain pada awalnya sudah mencapai tahap penerapan machine learning. Namun dikarenakan harus ada perbaikan dan pengembangan dari platform yang sudah ada, dilakukan penelitian pada bidang backend yang melanjutkan pengerjaan dari penelitian sebelumnya. Pada penelitian ini tujuan utama yang ditargetkan adalah sebuah sistem backend yang dapat digunakan untuk memfasilitasi pengerjaan-pengerjaan penelitian sebelumnya. Sistem backend yang dicapai harus memenuhi standar-standar yang ditetapkan pada setiap proses ataupun tahap-tahap yang dilakukan selama proses penelitian. Dalam pelaksaan penelitian yang berjudul “Pengembangan Sistem Backend Pada Aplikasi Ibrain Berbasis Native Cloud”, diterapkan beberapa metode dalam memanfaatkan teknologi-teknologi atau software dalam bidang pengembangan backend. Penggunaan konsep native cloud dilakukan dengan menerapkan sistem microservices menggunakan docker. Penyimpanan informasi dan data yang digunakan pada aplikasi ibrain diterapkan dengan menggunakan PostgreSQL dan Orthanc. Dalam menentukan kematangan dan kesiapan dari sistem backend, dilakukan pengujian dari segi aspek konsitensi, waktu response, ketahanan, dan keamanan. Pada tahap pengujian, pengambilan data dilakukan pada sebuah server yang merupakan bentuk sederhana dari sebuah server ibrain yang akan diluncurkan pada tahap deployment. Dalam pelaksanaan development segala hal yang dilakukan pada pengujian, diperbaiki dan disesuaikan secara berkala untuk mencapai hasil pengujian dan penggunaan yang maksimal. Penyesuaian yang dilakukan dari segi teknis adalah pada pengolahan data maupun pada return yang dihasilkan dari setiap API. Pada tahap akhir dilakukan penyesuaian untuk melakukan deployment secara menyeluruh seperti persiapan komputer server, jaringan, dan sebagainya.
==================================================================================================================================
This research focuses on the development of a backend system for the iBrain application based on native cloud technology. The main objective is to create a backend system that meets the established standards and facilitates the research processes conducted in previous studies. The implementation involves leveraging technologies and software in backend development, specifically utilizing the native cloud concept through a microservices architecture with Docker. Data storage is accomplished using PostgreSQL and Orthanc, ensuring the necessary information and data are effectively managed. The maturity and readiness of the backend system are evaluated through testing, considering factors such as consistency, response time, resilience, and security. The research emphasizes iterative adjustments and refinements to optimize data processing and API returns. Finally, comprehensive deployment preparations, including server infrastructure and network configuration, are made to ensure successful system integration.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: ibrain, backend, sistem, deployment, development. ibrain, deployment, development, system.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R727.3 Patient satisfaction.
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA960+ Hospitals
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA971 Health services administration.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Computer Engineering > 90243-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Androsa Kristabel
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:28
Last Modified: 06 Sep 2023 01:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/100772

Actions (login required)

View Item View Item