Pengenalan Emosi pada Sinyal Wicara dengan Multi-Layer Perceptron

Athaya, Nabila Safa (2023) Pengenalan Emosi pada Sinyal Wicara dengan Multi-Layer Perceptron. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07211940000027-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
07211940000027-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Emosi adalah suatu aspek penting dalam kehidupan manusia berupa perasaan dan memiliki banyak pengaruh pada perilaku manusia. Emosi dapat dikatakan sebagai level afektif yang paling mudah dikenali oleh sesama manusia terutama agar dapat saling memahami ketika berkomunikasi. Dalam aplikasi pada kehidupan sehari-hari yang mengharuskan adanya interaksi secara cerdas antara manusia dengan komputer, dibutuhkan kemampuan untuk melakukan pengenalan, penafsiran, dan merespons emosi yang diekspresikan. Beberapa implementasi dari teknologi ini yaitu pada survei kepuasan pelanggan, visi komputer, kecerdasan buatan, dan sebagainya. Komputer dibutuhkan untuk berinteraksi dengan pengguna yang meniru interaksi manusia-dengan-manusia untuk mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih baik. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui cara sekaligus tingkat akurasi dari metode yang dipilih, yaitu Multi-layer Perceptron dalam melakukan pengenalan emosi pada sinyal wicara (Speech Emotion Recognition). Proses dilakukan mulai dari pengumpulan dataset hingga evaluasi dari teknik deep learning yang dipilih untuk mengetahui tingkat akurasinya dalam mengenali emosi pada sinyal wicara.
===============================================================================================================================
Emotions are an important aspect of human life in the form of feelings and have a lot of influence on human behavior. Emotions can be said to be the affective level that is most easily recognized by fellow human beings, especially so that they can understand each other when communicating. In applications in everyday life that require intelligent interaction between humans and computers, the ability to recognize, interpret, and respond to the emotions that are expressed is needed. Some implementations of this technology are customer satisfaction surveys, computer vision, artificial intelligence, and so on. Computers are needed to interact with users that mimic human-to-human interactions to get a better user experience. This final project aims to find out the method as well as the level of accuracy of the selected method, namely Multi-layer Perceptron in performing speech emotion recognition on speech signals. The process starts from dataset collection to evaluation of the selected deep learning technique to determine its level of accuracy in recognizing emotions in speech signals.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Multi-layer Perceptron, Emosi, Fitur, Speech Emotion Recognition, Emotion, Feature.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.87 Neural networks (Computer Science)
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Computer Engineering > 90243-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nabila Safa Athaya
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:53
Last Modified: 16 Aug 2023 03:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/100809

Actions (login required)

View Item View Item