Analisis Social Network Kampanye Pariwisata Indonesia di Era New Normal melalui Twitter Menggunakan Metrik Properti Jaringan dan Centrality

Fadhilah, Awwaliyah Nur (2023) Analisis Social Network Kampanye Pariwisata Indonesia di Era New Normal melalui Twitter Menggunakan Metrik Properti Jaringan dan Centrality. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 06111940000050-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
06111940000050-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 3 October 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sektor pariwisata sangat terdampak dengan adanya pandemi Covid-19. Memasuki era new normal, pariwisata mulai kembali dikampanyekan termasuk melalui media sosial oleh para pemangku kepentingan. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berfokus pada lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Twitter merupakan salah satu jejaring sosial berbasis teks yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Twitter dapat dimanfaatkan sebagai media kampanye pariwisata Indonesia untuk menarik minat wisatawan nusantara hingga mancanegara dengan hadirnya influencer di dalamnya. Oleh karena itu, pemangku kepentingan khususnya Kemenparekraf perlu mengetahui bagaimana aktivitas kampanye pariwisata di Twitter. Penelitian ini menggunakan penerapan Social Network Analysis (SNA) dalam menganalisis jejaring sosial kampanye pariwisata Indonesia melalui Twitter. Metrik yang digunakan pada penelitian ini adalah properti jaringan dan centrality. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari perhitungan metrik properti jaringan, struktur jejaring sosial kampanye pariwisata Indonesia pada DPSP Mandalika lebih unggul, tetapi tidak berpengaruh pada jumlah kunjungan wisatawan. Dalam hal ini, interaksi di dalam jaringan seharusnya sesuai dengan topik kampanye DPSP. Berdasarkan metrik centrality, influencer yang paling berpengaruh adalah @wonderfulid (akun resmi Kemenparekraf), tetapi hanya berinteraksi pada jaringan Danau Toba dan Likupang. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas kampanye pariwisata di Twitter masih belum optimal. Seharusnya, Kemenparekraf melalui akun Twitter @wonderfulid dapat melakukan kampanye lebih aktif dan merata ke semua DPSP agar dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan bagi pemangku kepentingan untuk memaksimalkan Twitter sebagai media kampanye pariwisata melalui kerja sama dengan influencer yang mampu menarik wisatawan.
============================================================================================================================
The tourism sector has been heavily impacted by the Covid-19 pandemic. As we enter the new normal era, tourism is being re-campaigned, including through social media by stakeholders. The Ministry of Tourism and Creative Economy (Kemenparekraf) focuses on five Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Twitter is a text-based social network widely used by Indonesian people. Twitter can be utilized as a platform for Indonesian tourism campaigns to attract both domestic and international tourists with the presence of influencers. Therefore, stakeholders, particularly Kemenparekraf, need to understand how the activities of tourism campaign on Twitter. This study employs Social Network Analysis (SNA) to analyze the social network of Indonesian tourism campaigns on Twitter. The metrics used in this study are network properties and centrality. Based on the results obtained from calculating network properties metrics, the social network structure of the Indonesian tourism campaign at the Mandalika DPSP is superior but does not have a significant effect on the number of tourist visits. In this case, interactions within the network should align with the DPSP campaign topic. Based on centrality metrics, the most influential account is @wonderfulid (Kemenparekraf's official account), but it only interact within the Lake Toba and Likupang networks. This indicates that tourism campaign activities on Twitter are still unoptimal. The Ministry of Tourism and Creative Economy, through the Twitter account @wonderfulid, should conduct a more active and evenly distributed campaign across all DPSPs to increase the number of visiting tourists. This research can serve as a reference for stakeholders to maximize Twitter as a media platform for tourism campaigns through collaborations with influencers capable of attracting tourists.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis Social Network, DPSP, Influencer, Kampanye Pariwisata, Twitter =============================================================== Social Network Analysis, DPSP, Influencers, Tourism Campaigns, Twitter
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM742 Online social networks.
Q Science > QA Mathematics > QA401 Mathematical models.
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Awwaliyah Nur Fadhilah
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:58
Last Modified: 28 Jul 2023 06:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/100836

Actions (login required)

View Item View Item