Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Dengan Metode Hazard And Operability Studies (HAZOP) Pada Tangki Terminal

Arviendito, Galih (2023) Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Dengan Metode Hazard And Operability Studies (HAZOP) Pada Tangki Terminal. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411940000045-Undergraduated_Thesis.pdf] Text
02411940000045-Undergraduated_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah salah satu cara dalam melakukan perlindungan bagi para tenaga kerja dan warga yang berada di lingkungan setempat agar selalu aman, serta agar alur proses pekerjaan dapat berjalan dengan lancar dengan keadaan aman tanpa korban kecelakaan kerja. Kurang diperhatikan masalah K3 akan meningkatkan probabilitas naiknya kecelakaan kerja di lingkungan perusahaan. Kecelakaan kerja adalah suatu kejadian yang tidak dikehendaki dan tidak diduga semula yang dapat menimbulkan korban manusia dan atau harta benda. Oleh karena itu risiko dan sumber bahaya perlu diketahui serta tingkat risiko dari setiap sumber bahaya dengan menggunakan metode Hazard and Operability Study (HAZOP). Responden dalam penelitian ini yaitu Head of Terminal, foreman, dan operator yang bekerja pada tangki terminal. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan Focus Group Discussion dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan: (1) Potensi bahaya yang timbul terjadi akibat penyimpangan pada tekanan, pengawasan, pengukuran, maintain, komunikasi, pemisahan, aliran, ph, cahaya, temperatur, kebisingan dan kecepatan. Potensi bahaya yang timbul cukup banyak mengakibatkan kebocoran. (2) Terdapat 45 sumber bahaya dari 5 proses yang ada pada tangki terminal. (3) Terdapat 4 bahaya yang tergolong extreme risk, 8 bahaya yang tergolong high risk, 11 bahaya yang tergolong moderate risk, dan 22 bahaya yang tergolong low risk. Berdasarkan hasil penelitian perlunya tindakan penanggulangan bahaya yang terjadi dengan pelihat hierarchy of control. Dimulai mengganti sistem kerja pada proses pemindahan hose menuju kapal yang sebelumnya bekerja dengan mengangkat hose dengan 4 operator menjadi dengan menggunakan crawl crane sehingga meminimalisir jatuhnya pekerja akibat tertimpa hose yang berat dan licinnya gangway. Dalam mengatasi kebocoran dapat menggunakan Pressure relief valve yang merupakan jenis safety valve yang digunakan sebagai mengontrol serta membatasi tekanan dalam suatu proses. Bekerja pada ketinggian merupakan sumber bahaya yang tergolong extreme risk sehingga perlunya penggunaan body harness dan work resistant yang memiliki fungsi untuk mengurangi risiko cedera fatal akibat terjatuh dari ketinggian. Selain itu diketahui bahwa masih kurangnya sistem maintenance yang baik, sehingga dengan menetapkan preventive maintenance pada proses filling serta predictive maintenance pada proses pemindahan dari kapal menuju tangki penyimpanan. Rambu rambu keselamatan juga merupakan hal penting dalam suatu perusahaan, masih terdapat rambu yang warnanya menyatu dengan dinding sehingga tidak terlihat jelas serta terdapat rambu yang sudah tertutup minyak ataupun produk dari proses yang dilakukan. Oleh karena itu perlunya perbaikan dan pembaruan pada rambu rambu keselamatan kerja.
=================================================================================================================================
Occupational Safety and Health (K3) is one way of protecting workers and residents in the local environment so that they are always safe, and so that the flow of work processes can run smoothly in a safe condition without victims of work accidents. Lack of attention to OSH issues will increase the probability of work accidents in the company environment. A work accident is an unwanted and unexpected event that can cause human and or property casualties. Therefore, the risks and sources of danger need to be known as well as the level of risk from each source of danger using the Hazard and Operability Study (HAZOP) method. The respondent in this study are the Head of Terminal, foreman, and operators who work at the terminal tank. Data collection was done by conducting Focus Group Discussion and documentation. The results of the study found: (1) Potential hazards that arise occur due to deviations in pressure, supervision, measurement, maintenance, communication, separation, flow, ph, light, temperature, noise and speed. Potential hazards that arise quite a lot result in leaks. (2) There are 45 sources of danger from 5 processes in the terminal tank. (3) There are 4 hazards classified as extreme risk, 8 hazards classified as high risk, 11 hazards classified as moderate risk, and 22 hazards classified as low risk. Based on the results of the research, it is necessary to take countermeasures against the hazards that occur with the hierarchy of control. Starting to change the work system in the process of moving the hose to the ship, which previously worked by lifting the hose with 4 operators to use a crawl crane to minimize the fall of workers due to heavy hose and slippery gangways. In overcoming leaks, you can use a Pressure relief valve which is a type of safety valve that is used to control and limit pressure in a process. Working at height is a source of danger classified as extreme risk so that the need for the use of body harness and work resistant which has a function to reduce the risk of fatal injury due to falling from a height. In addition, it is known that there is still a lack of a good maintenance system, so that by establishing preventive maintenance in the filling process and predictive maintenance in the process of moving from the ship to the storage tank. Safety signs are also important in a company, there are still signs whose colors blend with the walls so that they are not clearly visible and there are signs that have been covered with oil or products from the process carried out. Therefore, it is necessary to improve and update the safety signs

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan Kerja, Hazard and Operability Study, Penanggulangan Bahaya, Work Accident, Hazard Countermeasures
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T174.5 Technology--Risk assessment.
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Galih Arviendito
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:36
Last Modified: 10 Oct 2023 08:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/100962

Actions (login required)

View Item View Item