Perancangan Video Explainer Tentang Toxic Masculinity Untuk Mencegah Kekerasan Berbasis Gender

Rasyid, Aslam Arethusa Maneezyaa (2023) Perancangan Video Explainer Tentang Toxic Masculinity Untuk Mencegah Kekerasan Berbasis Gender. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08511940000024-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08511940000024-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Toxic masculinity tumbuh dari latar belakang patriarki, dimana laki-laki dianggap sebagai subjek tertinggi pada konstruksi sosial. Toxic Masculinity mengacu pada konsep, kepercayaan, serta tindakan yang biasa dikaitkan dengan maskulinitas, yang berbahaya bagi perempuan, laki-laki, anak-anak, dan masyarakat. Toxic masculinity terbentuk dari konstruksi sosial dan stereotip yang ditanamkan pada laki-laki, seperti penekanan emosi, dorongan untuk melakukan kekerasan, perpetuasi rape culture, serta misogini. Dengan adanya pelabelan stereotipe perempuan selalu kalah dengan laki-laki, kaum laki-laki menjadi sombong dan seenaknya mempermainkan perempuan yang dimata mereka dianggap kaum yang lemah dan tak berdaya. Hal ini berujung pada pelecehan dan kekerasan seksual, penelantaran rumah tangga, serta gender-related violence atau Kekerasan Berbasis Gender (KBG)
Perancangan ini dilakukan melalui beberapa metode penelitian. Studi literatur mengenai topik toxic masculinity dan video explainer. Depth interview dilakukan kepada stakeholder perancangan dan sampel target segmen. Kuesioner dilakukan untuk menggali data mengenai target segmen yang lebih luas. Studi eksperimental untuk menentukan konsep desain yang terdiri dari konsep komunikasi, konsep visual, dan konsep media, kemudian dilakukan evaluasi rancangan desain dengan narasumber ahli.
Tujuan dari perancangan ini adalah sebagai sumber informasi untuk menumbuhkan wawasan kepada masyarakat yang sehingga menumbuhkan wawasan masyarakat mengenai pentingnya menghindari tindakan toxic masculinity sehingga dapat mencegah segala dampak buruk yang dapat diakibatkan karena hal tersebut. Selain itu, melalui perancangan ini diharapkan dapat memberikan edukasi, wawasan baru, dan pengetahuan kepada masyarakat Indonesia untuk dapat bekerja sama demi mencegah terjadi kekerasan berbasis gender. Implementasi media yang digunakan pada perancangan ini antara lain adalah video explainer, video pendek, dan channel youtube.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: toxic masculinity, video explainer, kekerasan berbasis gender, explainer video, gender based violence
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
T Technology > TR Photography > TR845 Cinematography. Video recordings.
T Technology > TR Photography > TR897.7 Computer animation
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aslam Arethusa Maneezyaa Rasyid
Date Deposited: 04 Aug 2023 03:53
Last Modified: 04 Aug 2023 03:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/100968

Actions (login required)

View Item View Item