Analisa Kegagalan Dry Gas Seal pada Unit 020 – T01 SYNGAS Compressor PT. Kaltim Methanol Industri

Setya Abdillah, Arya (2022) Analisa Kegagalan Dry Gas Seal pada Unit 020 – T01 SYNGAS Compressor PT. Kaltim Methanol Industri. Project Report. [s.n], [s.l.].

[thumbnail of 10211910000024-Project_Report.pdf] Text
10211910000024-Project_Report.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Magang industri merupakan salah satu mata kuliah wajib Departemen Teknik Mesin Industri. Melalui magang industri ini mahasiswa diharapkan mampu memahami bidang keilmuan Teknik Mesin Industri secara lebih riil. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu memahami fungsi mata kuliah yang telah didapatkan di kelas sebelumnya, dan dapat mengimplementasikan dalam mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh seorang sarjana Teknik mesin di suatu perusahaan. Magang bertujuan untuk melatih mahasiswa agar mengetahui kondisi dan situasi sehingga dapat terbiasa dengan lingkungan kerja, Magang tersebut mahasiswa dilatih cara kerja yang baik dan benar. Dengan kegiatan magang ini mahasiswa dapat mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja dengan banyak berlatih dan disiplin merupakan salah satu kunci keberhasilan bagi mahasiswa. PT Kaltim Methanol Industri merupakan perusahaan yang bergerak di industri methanol yang berlokasi di Jakarta dan Bontang untuk plant site. Bahan baku untuk membuat methanol ini adalah natural gas yang di dapatkan dari Pertamina Gas (PERTAGAS). Natural gas ini didistribusikan dengan cara melalui perpipaan bawah tanah yang dilindungi dengan insulating dan diberikan anoda tumbal untuk mereduksi korosi. Secara garis besar proses produksi utama methanol di PT Kaltim Methanol Industri meliputi proses reforming, proses sintesis gas, dan proses distilasi. Alasan penulis memilih PT. Kaltim Methanol Industri sebagai tempat magang adalah untuk menimba ilmu sebanyak – banyaknya dan menambah pengalaman kerja di industri kimia. Selain itu, tujuan memilih PT. Kaltim Methanol Industri adalah untuk mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh secara teori di perkuliahan khususnya pada mechanical section di departemen maintenance. Memiliki pengalaman di industri kimia adalah suatu kebanggaan karena tidak semua mahasiswa yang melaksanakan magang memiliki pengalaman magang di industri kimia methanol yang merupakan satu – satunya perusahaan methanol di Indonesia.
===========================================================================================================================
Industrial internship is one of the mandatory courses of Mechanical Engineering Department Industry. Through this industrial internship, students are expected to be able to understand the field scientific Industrial Mechanical Engineering more riyl. In addition, students are also expected able to understand the functions of courses that have been obtained in the previous class, and can implements in doing the work that is usually done by a scholar of mechanical Engineering in a company. Internship aims to train students to know the conditions and situations so that can get used to the work environment, the internship is a student who is trained on how to work good and true. With this internship, students can prepare themselves for entering the world of work by practicing a lot and discipline is one of the keys success for students. PT Kaltim Methanol Industri merupakan perusahaan yang bergerak di industri methanol located in Jakarta and Bontang for plant site. Raw material to make methanol ini adalah natural gas yang di dapatkan dari Pertamina Gas (PERTAGAS). Natural this gas is distributed by means through protected underground piping with insulating and given a cordial anode to reduce corrosion. In outline of the process produksi utama methanol di PT Kaltim Methanol Industri meliputi proses reforming, proses gas synthesis, and distillation process. The reason the writer chose PT. Kaltim Methanol Industri sebagai tempat magang adalah untuk gain as much knowledge as possible and add work experience in the chemical industry. In addition, the purpose of choosing PT. The Industrial Methanol East Kalimantan is to implement knowledge obtained in theory in lectures, especially in mechanical sectionvin the maintenance department. Having experience in the chemical industry is a pride because not all students who carry out internships have internship experience in the methanol chemical industry which is the only company methanol di Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Drygas Seal, Compressor,leakage,syngas
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS174 Maintainability (Engineering) . Reliability (Engineering)
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: Arya Setya Abdillah
Date Deposited: 01 Aug 2023 07:18
Last Modified: 01 Aug 2023 07:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/100973

Actions (login required)

View Item View Item