Analisis Penentuan Lokasi Rumah Sakit Darurat Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus : Kecamatan Tandes, Kota Surabaya, Jawa Timur

Zakaria, Mikail (2023) Analisis Penentuan Lokasi Rumah Sakit Darurat Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus : Kecamatan Tandes, Kota Surabaya, Jawa Timur. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03311840000080-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03311840000080-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 3 October 2025.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Merujuk pada WHO (World Heath Organization), pandemi merupakan fenomena penyebaran penyakit baru ke seluruh dunia seperti pandemi COVID-19 yang dimulai pada akhir tahun 2019 di Wuhan, China yang mempengaruhi dan melumpuhkan berbagai sektor di dunia. Mayoritas penyakit pandemi merupakan penyakit menular mematikan dengan waktu proses yang singkat sehingga terdapat potensi penyebaran menjadi lebih luas bila pasien pandemi dan non-pandemi diletakkan dalam satu rumah sakit. Sehingga menurut Inge Dhamanti peneliti kesehatan masyarakat UNAIR, rumah sakit pandemi sebaiknya dibedakan dengan rumah sakit umum biasa. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian untuk menganalisi lokasi potensial rumah sakit darurat di Kecamatan Tandes. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghitung bobot parameter lokasi potensial rumah sakit darurat dengan menggunakan data dari responden kuisioner AHP dan memetakan lokasi potensial rumah sakit darurat. Parameter yang digunakan terdiri dari aksesibilitas, data kesesuaian RDTR, data utilitas publik data bebas bangunan 20 meter, dan data zonasi COVID-19 sebagai referensi. Selanjutnya, hasil pengolahan bobot parameter dan hasil pengolahan data seluruh parameter diolah menggunakan weighted sum untuk mendapatkan hasil pemeringkatan lokasi potensial rumah sakit darurat. Hasil penelitian menunjukkan, aksesibilitas memiliki bobot tertinggi (0,608), diikuti oleh utilitas publik (0,196), kesesuaian RDTR (0,096), bebas bangunan 20 meter (0,067), dan zonasi COVID-19 (0,033). Selain itu, nilai inconsistency pada matriks perbandingan ditemukan sebesar 0,08, yang berada di bawah batas 0,1. Berdasarkan pengolahan menggunakan weighted sum didapatkan satu lokasi yang sangat berpotensi berlokasi di Kel. Manukan Kulon, sembilan lokasi yang cukup memiliki potensi tersebar dengan 7 lokasi di Kel. Manukan Kulon, 2 lokasi di Kel. Tandes Kidul, 1 lokasi di Kel. Tandes Lor, dan sisanya tidak memiliki potensi.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSG 338.6 Zak a-1 2023
Uncontrolled Keywords: Pandemi, Rumah Sakit Darurat, Analytical Hierarchy Process, Weighted Sum, Pandemic, Emergency Hospital, Analytical Hierarchy Process, Weighted Sum.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 ArcGIS. Geographic information systems.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Geomatics Engineering > 29202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mikail Zakaria
Date Deposited: 04 Aug 2023 03:38
Last Modified: 20 Dec 2023 05:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101140

Actions (login required)

View Item View Item