Penentuan Instrumen Land Value Capture di Sekitar Kawasan Berbasis Transit Terminal Joyoboyo, Kota Surabaya

Mubarak, Alhan (2023) Penentuan Instrumen Land Value Capture di Sekitar Kawasan Berbasis Transit Terminal Joyoboyo, Kota Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08211940000074-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08211940000074-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (9MB)

Abstract

Pengembangan kawasan berbasis transit oriented development (TOD) merupakan pengembangan kawasan yang berpusat pada titik transit, penggunaan lahan campuran yang padat serta kawasan yang memiliki aksesibilitas tinggi dengan berjalan kaki dan bersepeda. TOD membutuhkan biaya yang besar. Metode pembiayaan land value capture (LVC) seringkali diusulkan sebagai metode pembiayaan yang cocok dengan TOD dikarenakan pengembangan kawasan TOD dapat dengan mudah meningkatkan nilai lahan. Namun dalam mengimplementasikan LVC sebagai alternatif metode pembiayaan memerlukan sebuah kajian terhadap karakteristik dan regulasi yang berlaku pada kawasan tersebut agar sesuai dengan masing-masing kriteria mekanisme dan instrumen LVC. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan instrumen LVC yang dapat digunakan dalam pembiayaan pengembangan kawasan TOD Terminal Joyoboyo. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dibutuhkan dua sasaran, sasaran yang pertama adalah memprediksi pola presentase peningkatan nilai lahan akibat pengembangan transit-oriented development Terminal Joyoboyo, sedangkan untuk sasaran kedua adalah menentukan instrumen land value capture yang dapat diterapkan pada kawasan transit-oriented development Terminal Joyoboyo berdasarkan prediksi pola presentase peningkatan lahan. Pada sasaran pertama menggunakan metode analisis geographycally weighted regression (GWR) sedangkan pada sasaran kedua menggunakan analytical hiearchy process (AHP). Pada sasaran pertama, metode analisis GWR dipergunakan untuk mengetahui prediksi presentase peningkatan nilai lahan akibat pengembangan kawasan TOD di Terminal Joyoboyo. Prediksi presentase peningkatan nilai lahan dipergunakan sebagai masukan pada sasaran kedua, dikarenakan penentuan instrumen LVC yang tepat dipengaruhi oleh presentase kenaikan nilai lahan. Pada sasaran kedua, AHP dipergunakan untuk menentukan instrumen apa yang cocok diimplementasikan pada wilayah penelitian. Pada sasaran pertama, rata-rata peningkatan nilai lahan adalah sebesar 15,13%. Terdapat duabelas blok pada wilayah penelitian yang mengalami penurunan nilai lahan, terdapat enam blok yang mengalami peningkatan nilai lahan dibawah rata-rata dan duabelas blok yang mengalami peningkatan nilai lahan diatas rata-rata. Pada sasaran kedua, instrumen (LVC) yang terpilih pada kawasan blok yang memiliki perubahan kenaikan nilai lahan 0-15% secara berurutan adalah KPBU/Joint Development, Pajak Bumi dan Bangunan, Land Readjustment dan Penjualan/Penyewaan Lahan sedangkan pada kawasan blok yang memiliki perubahan kenaikan nilai lahan lebih dari 15% secara berurutan adalah Pajak Bumi dan Bangunan, Land Readjustment, KPBU/Joint Development dan Penjualan/Penyewaan Lahan.
========================================================================================================================
Transit oriented development (TOD) is an area development centred on transit points, dense mixed land uses and areas that have high accessibility by walking and cycling. TOD is costly. Land value capture (LVC) financing method is often proposed as a suitable financing method for TOD because the development of TOD areas can easily increase the land value. However, implementing LVC as an alternative financing method requires a study of the characteristics and regulations applicable to the area in order to fit each criteria of LVC mechanism and instrument. The objective of this study is to formulate an LVC instrument that can be used in financing the development of the Joyoboyo Terminal TOD area. To achieve this goal, two objectives are needed, the first objective is to measure the prediction of land value increase patterns due to the development of transit-oriented development of Joyoboyo Terminal, while the second objective is to determine the land value capture instrument that can be applied to the transit-oriented development area of Joyoboyo Terminal based on land improvement patterns. The first objective uses the geographycally weighted regression (GWR) analysis method while the second objective uses the analytical hierarchy process (AHP). In the first target, the GWR analysis method is used to determine the prediction of the percentage increase in land value due to the development of the TOD area at Joyoboyo Terminal. The prediction of the percentage increase in land value is used as input for the second objective, because the determination of the right LVC instrument is influenced by the percentage increase in land value. In the second objective, AHP was used to determine what instruments are suitable to be implemented in the research area. In the first target, the average increase in land value is 15.13%. There are twelve blocks in the study area that experienced a decrease in land value, six blocks that experienced an increase in land value below the average and twelve blocks that experienced an increase in land value above the average. In the second target, the selected instruments (LVC) in the block area that has a change in land value increase of 0-15% in order are PPP/Joint Development, Land and Building Tax, Land Readjustment and Land Sale/Lease while in the block area that has a change in land value increase of more than 15% in order are Land and Building Tax, Land Readjustment, PPP/Joint Development and Land Sale/Lease

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: land value capture (LVC), transit oriented development (TOD), Pembiayaan Pembangunan, development financing, land value capture (LVC), transit oriented development (TOD)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT133 City and Towns. Land use,urban
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Regional & Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Alhan Mubarak
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:20
Last Modified: 31 Jul 2023 04:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101158

Actions (login required)

View Item View Item