Analisis Manajemen Pembebanan Diesel Generator Sebagai langkah Pencegahan Blackout Pada Kapal Tanker 17500 DWT

Nuraini, Annisa Hustania (2023) Analisis Manajemen Pembebanan Diesel Generator Sebagai langkah Pencegahan Blackout Pada Kapal Tanker 17500 DWT. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5019211179-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5019211179-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Blackout merupakan kejadian gangguan sumber tenaga listrik yang menyebabkan gangguan dalam aktifitas diatas kapal. Untuk mencegah terjadinya blackout, manajemen pembebanan generator merupakan langkah yang dilakukan dalam mempertahankan kestabilan sistem kelistrikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis saat terjadi pelepasan beban secara mendadak pada salah satu generator, dan pelepasan beban pada salah satu generator yang masih tersedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembebanan generator memainkan peran penting dalam pencegahan blackout. Melalui manajemen pembebanan generator yang efektif, risiko terjadinya overload atau kelebihan beban pada generator dapat dikurangi. Manajemen pembebanan generator mencakup beberapa langkah penting, termasuk perencanaan pembebanan yang tepat, dan pengaturan prioritas pembebanan. Dengan skenario simulasi ini dibuat untuk menguji pembebanan generator pada saat salah satu generator mengalami kegagalan secara mendadak. Dan menganalisis adanya pengaturan pembebanan berupa beban nyala dan beban mati. Beban nyala dan mati ditentukan dari kebutuhan prioritas kapal yang harus dipasok oleh generator yang masih menyala/generator cadangan. Maka, dilakukan simulasi untuk mengetahui pengaruh pembebanan pada generator terhadap tegangan dan frekuensi yang di ilustrasikan pada simulasi ETAP pada kondisi sailing kapal tanker 17500 DWT. pada saat generator outage kondisi with tank cleaning nilai frekuensi menunjukkan rata-rata nilai tegangan 81,4% dan pada kondisi without tank cleaning 96,9% dengan nilai frekuensi 56,2 Hz, dan 58,2 Hz dan pada saat terjadi pelepasan beban rata - rata nilai tegangan pada kondisi with tank cleaning 101,6% dengan frekuensi 59,7 Hz dan kondisi without tank cleaning 103,4% dengan nilai frekuensi 61,4 Hz. Angka frekuensi dan tegangan masih pada kisaran kestabilan transien yang distandarkan oleh Biro Klasifikasi Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSP 623.872 36 Nur a-1 2023
Uncontrolled Keywords: Beban, Generator, Reduksi
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM740 Marine turbines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Annisa Hustania Nuraini
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:57
Last Modified: 10 Jan 2024 03:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101235

Actions (login required)

View Item View Item