Desain Interior Sekolah Dasar Islam Darut Taqwa Berkonsep Modern EduFun Dengan Nuansa Islam Sebagai Sarana Penunjang Pendidikan Karakter Pada Siswa

Afa, Fauziyah Nurul (2023) Desain Interior Sekolah Dasar Islam Darut Taqwa Berkonsep Modern EduFun Dengan Nuansa Islam Sebagai Sarana Penunjang Pendidikan Karakter Pada Siswa. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08411940000055-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08411940000055-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 menyatakan bahwa, Pendidikan Nasional berfungsi menggembangkan kemampuan dan membentuk watak serta paradaban bangsa yang bermatrabat, serta memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan, berakhlak mulia, berilmu, dan bertanggung jawab. Setiap jenjang pendidikan, tidak hanya sekedar mengembangkan nalar siswa, namun juga membentuk akhlakul karimah dan akal yang berbudi. Kemajuan dan perkembangan zaman berpengaruh pada etika, budaya, dan moral, yang apabila anak tidak diarahkan dengan baik dapat terjerumus pada perilaku yang menyimpang. Oleh karena itu, pada tahap sekolah dasar penting adanya pendidikan karakter pada siswa agar siswa dapat terarah melangkah ke jalan yang baik. Penguatan pendidikan karakter pada siswa, didukung dengan Permendikbud Nomor 20 tahun 2018 yang memberikan kewenangan kepada sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmosinasi oleh hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga. Sekolah Dasar Islam Darut Taqwa merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam di Surabaya yang memiliki misi untuk menghasilkan anak didik teruji dalam ilmu, terpuji dalam akhlak, serta terdepan dalam prestasi. Dalam proses pembelajaran, para pendidik membantu dan membina siswa untuk menjadi pribadi yang berkarakter baik, dengan pendidikan kepesantrenan yang menjadikan aspek kehidupan siswa melekat pada nilai-nilai keislaman. Perancangan ini menggunakan metode design thinking dengan teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan studi literatur terkait objek. Hasil dari penggalian dan pengolahan data, diperoleh konsep Modern EduFun. Konsep Modern Edufun tersebut bertujuan untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan, serta mampu mengakomodasi kebutuhan fasilitas dan aktivitas selama kegiatan belajar mengaja. Selain itu, diterapkan pula ornamen Islam dan kaligrafi untuk menambah nuansa Islam di lingkungan sekolah.
=================================================================================================================================
Based on Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, National Education aids to develop skill and character while shaping a dignified national civilization. It aims to foster student’s capacity to grow into a devoted believer with a knowledgeable, noble, and responsible character. Every academic level not only develops student’s intelligence, but also shapes moral and a virtuous mind. Latest turn of events affects ethics, culture, and morals in which if children were not directed properly, they could engage in deviant behavior. Consequently, it is necessary for character education to take place during elementary school so that students are directed towards the right path. Character education reinforcement towards students is supported by Permendikbud No. 20 Tahun 2018 which grants authority for schools to strengthen students’ character through the harmonization of heart, sense, thought, and body. Sekolah Dasar Islam Darut Taqwa is a Surabaya-based Islamic educational institution with a mission to nurture students who are well-versed in various disciplines, possess exemplary morals, and excel in their pursuits. In the learning process, teachers lead their pupils into becoming a virtuous character through an Islamic boarding school-based curriculum that instils Islamic values into its students’ lives. This design uses the design thinking method with interview, observation, and literature study as its data collection methods. Data analysis shows the emergence of Modern EduFun concept which aim to create a comfortable and delightful atmosphere that accommodates the facility needs and study activities. Furthermore, Islamic ornament and calligraphy are implemented to increase Islamic nuance in school environment.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Desain Interior, Sekolah Dasar, Nuansa Islam, Interior Design, Elementary School, Islamic Nuances
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK1535.B3 Design
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fauziyah Nurul Afa
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:03
Last Modified: 01 Sep 2023 08:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101256

Actions (login required)

View Item View Item