Rancang Bangun Sistem Deteksi Plagiarisme Pada Dokumen Kerja Praktik Mahasiswa Dengan Algoritma Rabin-Karp

Christoffer, Ivano (2023) Rancang Bangun Sistem Deteksi Plagiarisme Pada Dokumen Kerja Praktik Mahasiswa Dengan Algoritma Rabin-Karp. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111940000091-Christoffer Ivano-Buku TA.pdf] Text
05111940000091-Christoffer Ivano-Buku TA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan yang terjadi pada dunia teknologi informasi saat ini telah dirasakan oleh sebagian besar orang, khususnya dikalangan pelajar atau mahasiswa. Hal ini yang awalnya digunakan untuk mempermudah pencarian referensi bagi mahasiswa agar lebih mudah, namun justru kini seringkali digunakan untuk melakukan plagiarisme atau duplikasi karya dan ide orang lain. Menurut KBBI, Plagiarisme adalah penjiplakan yang melanggar hak cipta. Ini adalah tindakan ketidakjujuran intelektual. Sistem akan dibangun untuk melakukan deteksi plagiarisme dokumen kerja praktik. Sistem yang akan dibangun menggunakan algoritma Rabin-Karp dan stemming Nazief dan Adriani sedangkan untuk tampilan atau user interface sistem akan dibangun menggunakan library ReactJS dan bahasa python. Algoritma Rabin-Karp adalah algoritma yang digunakan untuk mencari dan mencocokkan pola dalam teks / string menggunakan fungsi hash. Pengumpulan data akan dilakukan dari repository kerja praktik mahasiswa. Data yang telah didapat, akan dilakukan pemrosesan data dengan menggunakan NLP(Natural Language Processing) yang dimulai dari case folding atau mengubah semua karakter menjadi huruf kecil, tokenizing untuk memisahkan per kata yang ada pada dokumen, stopword removal untuk menghapus kata-kata yang tidak memiliki arti, dan stemming. Stemming merupakan suatu proses atau cara dalam menemukan kata dasar dari suatu kata. Pada Tugas Akhir ini, digunakan stemming Nazief & Andriani untuk melakukan proses stemming. Hasil dari pemrosesan data akan dibandingkan dengan menggunakan algoritma Rabin-Karp yang terdapat fungsi hash dan rolling hash untuk melakukan perhitungan plagiarisme. Maka dari itu, sistem Deteksi Plagiarisme pada Dokumen Kerja Praktik Mahasiswa diusulkan untuk mempermudah dosen medeteksi kemiripan antar dokumen kerja praktik mahasiswa. Sistem ini berbasis website yang mudah dijalankan oleh pengguna dan hasilnya dapat langsung ditampilkan pada halaman website. Pengguna dapat melihat hasil deteksi plagiarisme berupa persentase, kalimat duplikat, dan nama dokumen. Tugas Akhir ini berhasil mengimplementasikan sebuah website yang dapat digunakan oleh pengguna untuk medeteksi plagiarisme pada dokumen kerja praktik mahasiswa.
=================================================================================================================================
The developments that are happening in the field of information technology are currently being felt by most people, particularly among students or university students. This was initially used to facilitate reference searches for students to make it easier for them. However, it is now often used to commit plagiarism or duplicate the works and ideas of others. According to KBBI, Plagiarism is the act of copying that violates copyright.. It is a form of intellectualdishonesty. A system will be built to detect plagiarism in students on job training report. The system to be built will use the Rabin-Karp algorithm and Nazief and Adriani stemming, while the user interface of the system will be built using the ReactJS library and the Python language.The Rabin-Karp algorithm is a technique used to search for and match patterns in text/string using a hash function. Data collection from the student on job training repository. Once the data is obtained, it will undergo data processing using NLP (Natural Language Processing), starting with case folding to convert all characters to lowercase, tokenizing to separate words in the document, stopword removal to eliminate words without meaning, and stemming. Stemming is a process or method of finding the base form of a word. In this Final Project, Nazief & Andriani's stemming algorithm is used for the stemming process. The results of the data processing will be compared using the Rabin-Karp algorithm, which includes hash functions and rolling hash to calculate plagiarism. Therefore, the Plagiarism Detection System for Student On Job Training Reports is proposed to facilitate instructors in detecting similarities among students' on job training reports. This system is based on a user-friendly website, and the results can be displayed directly on the website page. Users can view plagiarism detection results in the form of a percentage, duplicated sentences, and document names. This Final Project successfully implements a website that can be used by users to detect plagiarism in students' on job training reports.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Plagiarisme, Python, Rabin-Karp, ReactJS, Stemming
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.758 Software engineering
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Christoffer Ivano
Date Deposited: 19 Oct 2023 05:22
Last Modified: 19 Oct 2023 05:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101266

Actions (login required)

View Item View Item