Desain Interior KB RA Perwanida Surabaya Dengan Konsep Stimulating Space Design Guna Mendukung Metode Pembelajaran Beyond Centers And Circle Time (BCCT) Pada Pendidikan Anak Usia Dini

Putri, Divania Koesoema (2023) Desain Interior KB RA Perwanida Surabaya Dengan Konsep Stimulating Space Design Guna Mendukung Metode Pembelajaran Beyond Centers And Circle Time (BCCT) Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08411940000033-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08411940000033-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dibuat beberapa poin Sustainable Development Goals (SDGs), salah satunya adalah SDGs No.4 yang berfokus pada Pendidikan berkualitas, target 4.2 menekankan tentang pentingnya menyediakan pengembangan anak usia dini dan Pendidikan pra-sekolah yang berkualitas pada tahun 2030. Anak usia dini merupakan periode kritis bagi perkembangan intelektual anak, sehingga penting untuk menyediakan lingkungan yang dapat merangsang pertumbuhan serta meningkatkan kesiapan mereka untuk menempuh Pendidikan yang lebih lanjut. Hal ini juga diperkuat dengan UU Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003 yang menyatakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai upaya pemberian rangsangan pendidikan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. Penelitian ini berfokus pada desain interior KB RA Perwanida Surabaya yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan dapat mendukung penerapan metode pembelajaran Beyond Centers and Circle Time (BCCT) pada Pendidikan anak usia dini. Melalui kombinasi metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, termasuk wawancara, observasi, dan survei, penelitian ini mengkaji elemen desain interior KB RA Perwanida Surabaya dan mengevaluasi keselarasannya dengan metode pembelajaran BCCT. Berdasarkan tahapan penelitian yang telah dilakukan terhadap objek desain, diperoleh konsep “Stimulating Space Design” yang pada penerapan desainnya menghasilkan dampak yang cukup signifikan baik dari standar keamanan dan kenyamanan, fasilitas pendukung metode pembelajaran BCCT dan UMMI, maupun layouting serta sirkulasi ruang yang optimal. Dari studi didapat data yang mendukung hasil tersebut yaitu nilai validasi ruang kelas sebesar 88%, nilai validasi dari creative room sebesar 88% dan nilai validasi dari ruang UKS sebesar 84%. Hasil yang didapat selaras dengan upaya peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini dengan penerapan metode BCCT di Indonesia, khususnya pada KB RA Perwanida Surabaya.
================================================================================================================================
To improve the welfare of society, several Sustainable Development Goals (SDGs) have been established, one of which is SDGs No.4, focusing on Quality Education. Target 4.2 emphasizes the importance of providing quality early childhood development and pre-school education by 2030. Early childhood is a critical period for a child's intellectual development; therefore, it is essential to create an environment that stimulates growth and enhances their readiness for further education. This is also reinforced by the National Education System Law No. 20 of 2003, which recognizes Early Childhood Education (PAUD) as an effort to provide educational stimulation for children from birth to the age of six. This research focuses on the interior design of KB RA Perwanida Surabaya, aiming to create a conducive learning environment that supports the implementation of the Beyond Centers and Circle Time (BCCT) learning method for early childhood education. Through a combination of qualitative and quantitative research methods, including interviews, observations, and surveys, this study examines the interior design elements of KB RA Perwanida Surabaya and evaluates their alignment with the BCCT learning method. Based on the research stages conducted on the design object, the concept of "Stimulating Space Design" is developed, which, when applied, has a significant impact on safety and comfort standards, facilities supporting the BCCT and UMMI learning methods, as well as optimal layout and space circulation. The study data supports these results, with classroom space validation scoring 88%, creative room validation at 88%, and UKS room validation at 84%. These findings align with the efforts to enhance the quality of early childhood education through the implementation of the BCCT method in Indonesia, particularly at KB RA Perwanida Surabaya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, KB RA Perwanida Surabaya, Beyond Centers and Circle Time (BCCT), Stimulating Space Design, Early Childhood Education, KB RA Perwanida Surabaya
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2750 Architectural design.
N Fine Arts > NA Architecture > NA6600 Education buildings
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Divania Koesoema Putri
Date Deposited: 11 Dec 2023 01:35
Last Modified: 11 Dec 2023 01:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101331

Actions (login required)

View Item View Item