English Village Center: Integrasi Industri Edukasi sebagai Branding Kawasan dengan Pendekatan Urban Catalyst

Putri, Yunita Melani (2023) English Village Center: Integrasi Industri Edukasi sebagai Branding Kawasan dengan Pendekatan Urban Catalyst. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111940000009-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08111940000009-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pada era ini, pembangunan kepariwisataan diarahkan pada peningkatan sektor pariwisata untuk menggalakkan kegiatan ekonomi, lapangan kerja, pendapatan masyarakat, serta penerimaan daerah yang meningkat melalui upaya pengembangan dan pendayagunaan berbagai potensi kepariwisataan yang dimiliki suatu daerah. Kabupaten Kediri merupakan salah satu daerah yang memiliki alat potensial untuk memajukan kawasannya di berbagai sektor sekaligus. Alat potensial ini berupa destinasi wisata edukasi mengenai berbagai macam bahasa yang dikenal sebagai Kampung Inggris. Peningkatan jumlah pengunjung Kampung Inggris tiap tahunnya tentunya bisa digunakan oleh pemerintah daerah setempat untuk dimanfaatkan sebagai upaya untuk mengenalkan Kampung Inggris ke ranah yang lebih luas bahkan sampai di tingkat global. Untuk bisa mencapai tujuan ini, pendekatan urban catalyst bisa digunakan karena teori ini berfokus pada intervensi arsitektur yang dapat memicu dan menggerakkan pembangunan lain di kota sehingga kota bisa lebih berkembang dan maju. Oleh karena itu, adanya sebuah bangunan yang bisa digunakan sebagai branding kawasan ini dirasa perlu dan tentunya akan sangat membantu untuk marketing Kampung Inggris karena selama ini masih belum ada sama sekali bangunan yang murni merepresentasikan keseluruhan Kampung Inggris. Selain itu, adanya integrasi mengenai segala informasi yang terdapat di Kampung Inggris yang dibutuhkan oleh para pengunjung tentunya akan sangat membantu pengunjung dalam perjalanan wisatanya. Oleh karena itu, bangunan ini bisa dijadikan sebagai rujukan pertama untuk para pengunjung yang baru menginjakkan kakinya di Pare untuk menggali informasi tentang kampung tersebut sebelum pada akhirnya terjun secara langsung kesana.
=================================================================================================================================
In this era, tourism development is directed at increasing the tourism sector to promote economic activity, employment, community income, and increased regional revenues by developing and utilizing various tourism potentials owned by a region. The city of Kediri is one of the cities that has potential weapons to advance its area in various sectors at once. The potential for this weapon is in the form of an educational tourist destination regarding various languages known as Kampung Inggris. The increase in the number of visitors to Kampung Inggris each year can be used by the local regional government to be used as an effort to introduce Kampung Inggris to a wider realm and even to the global level. To achieve this goal, the urban catalyst approach can be used because this theory focuses on architectural interventions that can trigger and drive other developments in the city so that the city can be more developed and advanced. Therefore, the existence of a building that can be used as branding for this area is deemed necessary and of course, it will be very helpful for the marketing of Kampung Inggris because so far there has not been a single building that purely represents the whole of Kampung Inggris. In addition, the integration of all the information contained in the English Village that is needed by visitors will certainly be very helpful for visitors on their tour. Therefore, this building can be used as the first reference for visitors who have just set foot in Pare to dig up information about the village before finally going there directly.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kampung Inggris, Integrasi, Wisata Edukasi, Branding, Integration, Educational Tourism
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: YUNITA MELANI PUTRI
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:45
Last Modified: 09 Oct 2023 04:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101332

Actions (login required)

View Item View Item