Studi Peta Kawasan Wisata Berbasis Web (Studi Kasus : Daerah Wisata Waduk Selorejo Kabupaten Malang)

Aditya, Farhan Qashidi (2023) Studi Peta Kawasan Wisata Berbasis Web (Studi Kasus : Daerah Wisata Waduk Selorejo Kabupaten Malang). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03311940000058-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03311940000058-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Waduk Selorejo secara administratif berada pada Kabupaten Malang dan tepatnya berada pada Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang. Waduk Selorejo mulai berfungsi sejak tahun 1972 dan telah memberikan banyak manfaat sebagai pengendali banjir, pembangkit listrik, perairan, perikanan, dan parawisata. Alasan utama yang menjadikan kawasan wisata ini banyak dikunjungi yaitu wisata tirtanya. Kawasan Wisata Waduk Selorejo merupakan wisata air yang dapat dilakukan secara langsung berhubungan dengan alam. Sistem Informasi Geografis berbasis Web (WebGIS) merupakan sistem informasi geografis yang didistribusikan diseluruh lingkungan jaringan komputer untuk mengintegrasikan, menyebarkan, dan mengkomunikasikan informasi geografis secara visual di internet. Pada penelitian sebelumnya belum ada yang melakukan penelitian mengenai peta kawasan wisata dengan studi kasus Waduk Selorejo. Kawasan wisata Waduk Selorejo juga tidak memiliki sarana yang berupa laman informasi yang dapat memberikan informasi wisata pada kawasan tersebut dan dapat diakses melalui internet. Maka dari itu diperlukannya sarana yang dapat memberikan laman informasi mengenai objek wisata pada kawasan wisata Waduk Selorejo yang dapat diakses melalui internet. Dimana sarana tersebut dapat menyajikan informasi tentang objek wisata untuk mempermudah wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasi objek wisata pada kawasan wisata Waduk Selorejo ke dalam software SIG. Kemudian hasil dari implementasi yang berupa objek wisata kawasan Waduk Selorejo kedalam arsitektur WebGIS. Sehingga pengguna dapat mengetahui hasil dari penelitian ini pada link domain yang dapat diakses melalui internet. WebGIS tersebut kedepannya dapat dimanfaatkan oleh para pengguna yang ingin mengetahui informasi mengenai kawasan wisata Waduk Selorejo.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSG 910.285 Adi s-1 2023
Uncontrolled Keywords: Quantum GIS, qgis2web, Web GIS, Waduk Selorejo
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G2566 Tourist maps
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 ArcGIS. Geographic information systems.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Geomatics Engineering > 29202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Farhan Qashidi Aditya
Date Deposited: 21 Dec 2023 06:31
Last Modified: 21 Dec 2023 06:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101402

Actions (login required)

View Item View Item