Adopsi Kakas Bantu Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Tim Pengembang Perangkat Lunak di Kementerian Sosial RI

Silalahi, Albert Filip (2023) Adopsi Kakas Bantu Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Tim Pengembang Perangkat Lunak di Kementerian Sosial RI. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111940000116-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05111940000116-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kakas bantu atau CASE tools adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membantu dalam proses pengembangan perangkat lunak. Kakas bantu dapat memberikan beberapa manfaat dalam meningkatkan kerja sama tim dalam pengembangan perangkat lunak. Kerja sama tim merupakan faktor yang sangat penting dalam pengembangan perangkat lunak. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kerja sama tim dalam pengembangan perangkat lunak adalah komunikasi yang efektif, kerja sama yang baik, pembagian tugas yang jelas, dan manajemen proyek yang efektif. Saat ini, pengembang di Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial RI masih belum menggunakan kakas bantu untuk mewujudkan komunikasi dan manajemen proyek yang efektif, dimana pengembang dan manajemen belum dapat melihat kemajuan pekerjaan dengan mudah, masih dibutuhkan waktu lebih lama untuk bisa berkomunikasi dan berkoordinasi. Oleh karena itu, dilaksanakan adopsi kakas bantu, yaitu penyeleksian dan pengimplementasian untuk bisa memenuhi kerja sama tim yang baik. Seleksi dilakukan dengan mengumpulkan permasalahan dan kebutuhan tim pengembang yang kemudian dipetakan ke dalam fitur yang dibutuhkan tim pengembang. Dari pemilihan, dihasilkan Kanboard dan Google Spreadsheet sebagai kakas bantu yang digunakan dalam manajemen proyek. Dari penelitian didapatkan bahwa terjadi peningkatan kinerja tim pengembang perangkat lunak di Pusdatin. Hal ini dapat dilihat melalui peningkatan angka dari sebelumnya 2,67 ke 3,69 dari skala 5. Meskipun demikian, masih terdapat kekurangan dalam implementasi kakas bantu. Dari kekurangan pelaksanaan tersebut, diberikan rekomendasi sebagai cara untuk mengelola adaptasi kakas bantu tersebut.
=================================================================================================================================
CASE tools are software used to assist in the software development process. CASE tools can provide several benefits in enhancing teamwork in software development. Teamwork is a very important factor in software development. Some things that need to be considered in teamwork in software development are effective communication, good teamwork, clear division of tasks, and effective project management. Currently, developers at the Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial still do not use CASE tools to realize effective communication and project management, where developers and management can not see work progress easily, it still takes longer to be able to communicate and coordinate. Therefore, the application of the application of CASE tools, namely, selection and implementation to be able to fulfill good teamwork. Selection is done by collecting the problems and needs of the development team which are then mapped into the features needed by the development team. From the selection, Kanboard and Google Spreadsheet were generated as tools used in project management. From the research it was found that there was an increase in the performance of the software development team at Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial. This can be seen through the increase in the number from the previous 2.67 to 3.69 from a scale of 5. Even so, there are still deficiencies in the implementation of assistive devices. From the shortcomings of this implementation, provided recommendations as a way to manage the adaptation of the CASE tools.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: CASE tools, Kinerja, Komunikasi, Manajemen Proyek, Performance, Communication, Project Management.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Albert Filip Silalahi
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:31
Last Modified: 18 Oct 2023 08:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101479

Actions (login required)

View Item View Item