Kuntari, Palupi Dwi (2023) Desain Interior Pusat Oleh-Oleh Intan Jaya Khas Tulungagung Berkonsep Hospitality Design Budaya Lokal Sebagai Upaya Mendukung Produk UMKM Masyarakat. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
08411940000016-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2025. Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki berbagai potensi daerah yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu upaya pembangunan daerah yang dilakukan oleh pemerintah adalah pembangunan infrastruktur transportasi, seperti jalan tol trans Jawa dan jalur lintas selatan Jawa. Namun, pembangunan infrastruktur saja tidak cukup untuk mengoptimalkan potensi daerah. Masyarakat juga perlu berperan aktif dalam memanfaatkan kesempatan yang ada untuk mengembangkan sektor-sektor lain yang dapat menunjang pembangunan daerah, seperti pariwisata dan UMKM. Pariwisata dan UMKM merupakan sektor yang memiliki nilai tambah bagi daerah, karena dapat menyerap tenaga kerja, meningkatkan pendapatan asli daerah, serta melestarikan budaya dan identitas lokal. Untuk mengembangkan sektor ini, salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah place branding dengan aspek pentingnya yaitu hospitality design, yaitu desain yang berfokus pada pengalaman tamu atau pengunjung di suatu tempat, dengan memperhatikan aspek-aspek seperti kenyamanan, keamanan, kesenangan, dan keunikan. Hospitality design dapat diterapkan pada berbagai fasilitas pariwisata dan UMKM, seperti hotel, restoran, pusat perbelanjaan, pusat oleh-oleh, dan lain-lain. Salah satu contoh objek yang dapat menerapkan hospitality design adalah pusat oleh-oleh Intan Jaya Tulungagung. Perancangan objek ini bertujuan untuk mendesain pusat oleh-oleh Intan Jaya khas Tulungagung berkonsep hospitality design budaya lokal sebagai upaya mendukung produk UMKM masyarakat. Peranncangan ini menggunakan metode design thinking, yaitu metode yang melibatkan tahap understanding, empathize, define, ideate, prototype, dan test. Metode ini dapat membantu penulis untuk memahami kebutuhan dan tantangan pengguna, menemukan solusi kreatif, dan menguji validitas desain. Desain pusat oleh-oleh ini menerapkan hospitality design-nya dengan menggabungkan unsur-unsur budaya lokal Tulungagung dalam bentuk interior, furnitur, elemen estetika, warna, pencahayaan, dan signage sebagai upaya mengoptimalkan produk UMKM Tulungagung. Hasil perancangan ini dapat menghasilkan sebuah desain pusat oleh-oleh Intan Jaya khas Tulungagung yang dapat memenuhi kenyamanan ruang, kelengkapan fasilitas dan keamanan yang baik dan diharapkan dapat meningkatkan daya tarik daerah, menarik wisatawan, serta melestarikan budaya dan identitas lokal.
=================================================================================================================================
Indonesia is an archipelagic country that has various potential regions that can be developed to improve the welfare of the people. One of the efforts of regional development carried out by the government is the development of transportation infrastructure, such as the trans Java toll road and the south Java crossroad. However, infrastructure development alone is not enough to optimize the potential of the region. The community also needs to play an active role in taking advantage of the opportunities available to develop other sectors that can support regional development, such as tourism and MSMEs. Tourism and MSMEs are sectors that have added value for the region, because they can absorb labor, increase regional income, and preserve local culture and identity. To develop these sectors, one of the strategies that can be done is place branding with its important aspect, namely hospitality design, which is a design that focuses on the experience of guests or visitors in a place, by paying attention to aspects such as comfort, security, pleasure, and uniqueness. Hospitality design can be applied to various tourism and MSME facilities, such as hotels, restaurants, shopping centers, souvenir centers, and others. One example of an object that can apply hospitality design is the Intan Jaya Tulungagung souvenir center. The design of this object aims to design the Intan Jaya Tulungagung souvenir center with a local culture hospitality design concept as an effort to support community MSME products. The design uses the design thinking method, which involves stages of understanding, empathize, define, ideate, prototype, and test. This method can help the author to understand the needs and challenges of users, find creative solutions, and test the validity of the design. The design of this souvenir center applies its hospitality design by combining elements of local culture Tulungagung in the form of interior, furniture, aesthetic elements, color, lighting, and signage as an effort to optimize Tulungagung MSME products. The results of this design can produce a design of Intan Jaya Tulungagung souvenir center that can meet the comfort of space, completeness of facilities and good security and is expected to increase the attractiveness of the region, attract tourists, and preserve local culture and identity.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pusat Oleh-oleh, Hospitality Design, Budaya Lokal Tulungagung, UMKM Tulungagung, Souvenir Center, Tulungagung Local Culture, Tulungagung MSME |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BH Aesthetics N Fine Arts > NA Architecture N Fine Arts > NA Architecture > NA9053 City planning N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Palupi Dwi Kuntari |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 02:17 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 02:17 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/101499 |
Actions (login required)
View Item |