Analisis Perhitungan Kebutuhan Serta Perbandingan Penggunaan Material FRP (Fiberglass Reinforced Polyester) Dengan Stainless Steel Sebagai Bahan Casing Pada Cooling Tower LBC-80 Di Project Ikuyo Bumper Factory

Trisnawati, Khofifah Indah (2022) Analisis Perhitungan Kebutuhan Serta Perbandingan Penggunaan Material FRP (Fiberglass Reinforced Polyester) Dengan Stainless Steel Sebagai Bahan Casing Pada Cooling Tower LBC-80 Di Project Ikuyo Bumper Factory. Project Report. [s.n.], [s.l.].

[thumbnail of 10211910000043-Project_Report.pdf] Text
10211910000043-Project_Report.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

PT. Sarana Utama Adimandiri adalah sebuah perusahaan nasional yang sedang berkembang. Didirikan pada Maret 2000 dan dengan akte pendirian notaris Drajat Darmadji, SH nomor 48 tanggal 3 Maret 2000 dan pada awal pendirian perusahaan ini bergerak di bidang suplai material dan pengerjaan proyek-proyek kecil. Seiring berjalannya waktu, dengan usaha peningkatan mutu kerja secara berkelanjutan, perusahaan telah berhasil membangun reputasi yang sangat baik sehingga dipercaya untuk menjadi mitra bisnis bagi banyak entitas perusahaan terutama di pasar konstruksi investasi lokal & Jepang. Konstruksi proyek tidak terlepas dari item/utility yang ada akan digunakan sebagai pelengkap suatu pekerjaan di factory maupun office. Dalam hal ini PT SUA menjadi salah satu penyedia jasa instalasi dalam bidang mechanical dan electrical baik dari desain hingga pemasangan water supply, fire hydrant, fire alarm system, LAN, listrik, cooling water, dan lain-lain. Pada suatu pabrik produksi pasti menggunakan mesin-mesin untuk produksi dan setiap mesin diperlukan juga perawatan agar tidak mudah rusak. Di project Ikuyo Bumper Factory menggunakan mesin molding untuk produksinya dan diperlukan cooling tower untuk memproses air yang panas menjadi air dingin agar bisa digunakan kembali dan bisa dirotasikan untuk mendinginkan mesin. Cooling tower juga salah satu alat yang berfungsi mengolah air untuk mengatasi masalah polusi lingkungan. Dalam hal ini pasti diperlukan perhitungan yang sistematis mengenai kerja yang dibutuhkan oleh cooling tower itu sendiri mulai dari kebutuhan air, spesifikasi bahan atau alat, make up water, dan lain-lain. Adanya berbagai macam/jenis material juga menjadikan perbandingan/comparing antar satu sama lain. Ini yang menjadi latar belakang mengapa harus dilakukan perhitungan sistematis supaya tidak terjadi banyak air yang terbuang serta pemilihan tipe maupun penggunaan cooling tower yang tepat untuk efisiensi dan efektifitas alat supaya lebih maksimal dengan perhitungan teoritis serta bahan material mana yang cocok untuk casing cooling tower, hingga selanjutnya permasalahan dijadikan tugas khusus pada magang industri untuk dicari penyelesaian untuk dijadikan referensi untuk proyek yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Cooling Tower, Material, Proyek
Subjects: Q Science > QC Physics > QC173.4.C63 Composite materials
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: Khofifah Indah Trisnawati
Date Deposited: 31 Jul 2023 08:47
Last Modified: 31 Jul 2023 08:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101609

Actions (login required)

View Item View Item