Analisis TOWS Dan Perumusan Strategi Pengembangan Bisnis Pada Usaha Konveksi Dengan Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix ( QSPM)

Nabila, Azzahra Nadine (2023) Analisis TOWS Dan Perumusan Strategi Pengembangan Bisnis Pada Usaha Konveksi Dengan Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix ( QSPM). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411940000099-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02411940000099-Undergraduate_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 October 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu industri yang memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi tiap tahunnya merupakan industri garmen dan konveksi, indsutri konveksi merupakan indsutri yang memproduksi pakaian jadi dengan skala dan jumlah karyawwan yang lebih sedikit. UMKM Rumah Katun by Celia merupakan salah satu UMKM yang bergerak dalam bidang konveksi, UMKM ini menghasilkan beragam produk seperti mukenah, pakaian, maupun kain meter- an. UMKM ini didirikan pada tahun 2001 dan penjualan terus meningkat, namun, hadirnya pandemi COVID-19 ke Indonesia pada tahun 2019 lalu menjadi tamparan besar bagi UMKM ini, penurunan volume penjualan yang kian terjadi bahkan hingga kini. Penurunan yang kian terjadi ini didukung dengan kurangnya pemasaran dengan pemanfaatan media sosial, digitalisasi, e-commerce,pemilihan lokasi, dan masih banyak lagi, sehingga eksistensi dari UMKM ini kian menurun. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kondisi internal dan juga eksternal UMKM untuk membantu dalam menentukan strategi yang sesuai untuk meningkatkan produktifitas penjualan. Pengidentifikasi kondisi internal UMKM menggunakan bantuan 7s McKinsey dan juga Marketing Mix 4P. Pengidentifikasian kondisi eksternal menggunakan bantuan PESTEL analysis dan Porter’s Five Forces. Hasil dari identifikasi kedua kondisi digunakan dalam perhitungan IFE dan EFE matriks yang nantinya akan digunakan untuk mengetahui posisi dan strategi yang sesuai dengan perusahaan menggunakan IE matriks. IE matriks akan digunakan sebagai acuan perancangan TOWS matriks. Strategi alternatif pada TOWS akan di input dan di nilai menggunakan Quantitative Strategic Planning matrix (QSPM) untuk menentukan strategi yang terbaik. Strategi yang baik adalah strategi yang aplikatif, sehingga dibuatlah rencana aksi yang perlu dilakukan oleh UMKM secara rinci. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat menentukan strategi yang sesuai dengan kondisi internal dan eskternal UMKM, dan juga dapat memberikan rancangan aksi yang dapat mendukung berjalannya strategi yang telah terpilih, dengan tujuan strategi yang terpilih lebih aplikatif. Didapatkan ada 12 faktor internal yang terbagi menjadi 5 kekuatan dan 7 kelemahan, serta 13 faktor eksternal yang terbagi menjadi 7 peluang dan 6 ancaman. Berdasarkan hasil IE matrix UMKM Rumah katun by Celia berada pada kuadran V yang berarti hold and maintain. Didapatkan strategi alternatif terbaik yang akan dilanjutkan yaitu melakukan penjualan secara online dengan cara memanfaatkan berbagai media digital, meningkatkan penggunaan media social secara efektif dengan membuat konten secara aktif dan melakukan interaksi dengan pelanggan, melakukan riset dan inovasi berdasarkan trend yang ada secara berkala, meningkatkan pemasaran digital dengan memanfaatkan fitur digital yang ada, memberikan program pelatihan secara rutin sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan, dan yang terakhir yaitu memperluas segmen pasar penjualan UMKM Rumah Katun by Celia.
==============================================================================================================================
One industry that has a high growth rate every year is the garment and convection industry, the convection industry is an industry that produces apparel with a smaller scale and number of employees. UMKM Rumah Katun by Celia is one of the UMKM that is engaged in the convection sector, this UMKM produces a variety of products such as mukenah, clothing, and meter fabrics. This MSME was founded in 2001 and sales continued to increase, however, the arrival of the COVID-19 pandemic to Indonesia in 2019 was a big slap to this MSME, a decline in sales volume that has continued even now. This increasingly happening decline is supported by a lack of marketing by using social media, digitization, ecommerce, location selection, and many more, so that the existence of these MSMEs is decreasing. The purpose of this study is to analyze the internal and external conditions of MSMEs to assist in determining the appropriate strategy to increase sales productivity. Identification of the internal conditions of MSMEs uses the help of McKinsey's 7s and also the 4P Marketing Mix. Identification of external conditions using PESTEL analysis and Porter's Five Forces. The results of the identification of the two conditions are used in the calculation of the IFE and EFE matrices which will later be used to determine the appropriate position and strategy for the company using the IE matrix. The IE matrix will be used as a reference for designing the TOWS matrix. Alternative strategies to TOWS will be inputted and assessed using the Quantitative Strategic Planning matrix (QSPM) to determine the best strategy. A good strategy is an applicable strategy, so an action plan is made that needs to be carried out by MSMEs in detail. Through this research, it is hoped that it will be able to determine strategies that are appropriate to the internal and external conditions of MSMEs, and can also provide action plans that can support the implementation of the selected strategy, with the aim of the chosen strategy being more applicable. Based on the research results, it was found that there were 12 internal factors which were divided into 5 strengths and 7 weaknesses, and 13 external factors which were divided into 7 opportunities and 6 threats. Based on the results of the IE matrix UMKM Rumah Katun by Celia is in quadrant V which means hold and maintain. Based on these results, the 6 best alternative strategies are obtained which will be continued at the implementation stage, namely selling online by utilizing various digital media, increasing the effective use of social media by actively creating content and interacting with customers, conducting research and innovation based on trends. regularly, increasing digital marketing by utilizing existing digital features, providing training programs on a regular basis according to the expertise needed, and finally expanding the sales market segment for UMKM Rumah Katun by Celia.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perumusan Strategi, Industri Konveksi, UMKM, IFE matriks, EFE matriks, analisis PESTEL, Porter’s Five Forces, 7s McKinsey, Marketing mix 4p, analisis TOWS, QSPM, Strategy Formulation, Convection Industry, UMKM, IFE matrix, EFE matrix, analysis PESTEL, Porter’s Five Forces, 7s McKinsey, Marketing mix 4p TOWS analysis, QSPM
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Azzahra Nadine Nabila
Date Deposited: 03 Aug 2023 08:42
Last Modified: 03 Aug 2023 08:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101671

Actions (login required)

View Item View Item