Analisis Kualitas MyXL Menggunakan Text Mining dan Quality Function Deployment Guna Meningkatkan Kualitas Layanan

Maulana, Muhammad Imam (2023) Analisis Kualitas MyXL Menggunakan Text Mining dan Quality Function Deployment Guna Meningkatkan Kualitas Layanan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411940000027-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02411940000027-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi layanan pengguna merupakan layanan wajib perusahaan layanan operator mobile yang memudahkan pelanggannya untuk mengakses informasi pribadi dan seluruh layanan yang ditawarkan oleh perusahaan operator mobile. Sebagai salah satu perusahaan operator di Indonesia, XL Axiata, turut serta mengembangkan aplikasi ini dan diberi nama MyXL. Saat ini MyXL memiliki tingkat kepuasan 4,2 dari skala 5. Tingkat kepuasan tersebut meletakkan XL Axiata pada urutan terakhir untuk tingkat kepuasan pengguna aplikasi layanan pengguna dibandingkan dengan kompetitor-kompetitornya. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menemukan atribut-atribut kualitas yang berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan dan mengembangkannya berdasarkan atribut tersebut. Penentuan atribut-atribut kualitas yang berpengaruh tersebut menggunakan metode text mining yang bertujuan menganalisis feedback pelanggan dan menyimpulkan feedback tersebut ke dalam bentuk keyword. Adapun atribut-atribut yang diperoleh dari penelitian ini adalah informasi, login, maintenance, transaksi, dan tampilan. Berdasarkan keyword tersebut kemudian diinterpretasikan menjadi customer complaint dan customer need yang kemudian akan digunakan sebagai dasar pengembangan kualitas menggunakan metode quality function deployment. Metode ini digunakan untuk menemukan respon teknis terbaik dengan menghubungkan kebutuhan pelanggan dengan respon teknis berdasarkan pengaruh yang diberikannya. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis yang telah dilakukan, diperoleh bahwa tindakan terbaik yang dapat diambil adalah meningkatkan infrastruktur server dan pengelolaan bandwidth yang efektif dengan bobot 395,9 dan diikuti dengan meningkatkan kapasitas server dan optimalisasi engine pada aplikasi dengan bobot 293,2 serta penjadwalan pemeliharan berkala dan memberikan notifikasi ketika terdapat pemeliharaan dengan bobot 252,4.
=================================================================================================================================
User service application is a mandatory service provided by mobile operator companies that facilitate their customers to access personal information and avail all services offered by the mobile operator company. As one of the operator companies in Indonesia, XL Axiata has also developed such an application named MyXL. Currently, MyXL has a satisfaction rating of 4.2 on a scale of 5. This satisfaction rating places XL Axiata last in terms of user satisfaction among user service application competitors. Therefore, this research was conducted to identify the quality attributes that influence customer satisfaction and develop them based on these attributes. The determination of these influential quality attributes utilizes text mining methodology, aimed at analyzing customer feedback and summarizing it into keywords. The attributes obtained from this research are information, login, maintenance, transactions, and interface. Based on these keywords, they are then interpreted as customer complaints and customer needs, which will serve as the basis for quality development using the quality function deployment method. This method is employed to identify the best technical responses by connecting customer needs with technical responses based on their influence. Based on the processing and analysis conducted, the optimal course of action is to enhance server infrastructure and effective bandwidth management with a weight of 395.9, followed by increasing server capacity and optimizing the application's engine with a weight of 293.2. Additionally, scheduling periodic maintenance and providing notifications during maintenance with a weight of 252.4.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Self-Care, Kualitas, Text Mining, Quality Function Deployment, Self-Care Apps, Quality
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality Control. QFD. Taguchi methods (Quality control)
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Imam Maulana
Date Deposited: 14 Nov 2023 08:23
Last Modified: 14 Nov 2023 08:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101768

Actions (login required)

View Item View Item