Evaluasi Nilai CII Kapal PT. X dengan Rekomendasi Tindakan untuk Meningkatkan Rating CII

Santoso, Ivan Wynstan (2023) Evaluasi Nilai CII Kapal PT. X dengan Rekomendasi Tindakan untuk Meningkatkan Rating CII. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211940000016-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04211940000016-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Aktivitas pelayaran menyumbang sekitar 3,1% emisi tahunan CO2 dan emisi CO2 yang dihasilkan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya seiring dengan kenaikan jumlah kargo dalam perdagangan maritim internasional. Sebagai salah satu upaya dekarbonisasi yang dihasilkan dari aktivitas pelayaran, IMO mengeluarkan regulasi baru melalui MARPOL Annex VI, yaitu Carbon Intensity Indicator (CII) yang berlaku bagi kapal 5000 GT ke atas sebagai salah satu upaya untuk mengurangi emisi CO2 hingga 40% pada tahun 2030, dimana kapal – kapal akan diberikan rating A hingga E. Melalui penelitian ini dilakukan analisis terhadap salah satu kapal dalam memenuhi ketentuan CII sesuai dengan kondisi operasi yang sebeneranya dan estimasi rating CII yang diperoleh hingga tahun 2030. Dilakukan analisis teknis dan ekonomi dari tindakan rekomendasi yang diberikan untuk memenuhi ketentuan CII ataupun meningkatkan rating CII, yaitu optimasi kecepatan kapal. Dilakukan analisis pengurangan pajak karbon sebagai salah satu bentuk insentif bagi kapal – kapal yang mendapatkan rating A atau B. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan bahwa rating CII yang didapatkan pada tahun 2022 oleh kapal yang digunakan dalam penelitian ini adalah B. Estimasi rating CII dilakukan dengan menggunakan skenario 7 rute yang berbeda dengan menggunakan metode estimasi FOC STEAM2. Estimasi rating CII yang diperoleh tahun – tahun mendatang jika beroperasi dengan kecepatan aktual adalah antara B – D. Dengan mengurangi kecepatan kapal menjadi 6,8 knot atau 7,8 knot maka rating A atau B dapat diperoleh. Dampak ekonomi dalam meningkatkan rating CII adalah terjadi penurunan net profit rata – rata sebesar 5,4% per tahun ketika meningkatkan rating CII dari C ke B, 15,38% per tahun ketika meningkatkan rating CII dari C ke A, dan 10,73% ketika meningkatkan rating CII dari B ke A.
===============================================================================================================================
Shipping contributes approximately 3,1% of annual CO2 emission and the amount of CO2 emission it produces keeps on increasing year by year as international maritime trade cargo volume increases. One of the measures taken by IMO to decarbonize shipping is by releasing a new rule through MARPOL Annex VI, which is the Carbon Intensity Indicator (CII), which applies to all ships above 5000 GT to reduce CO2 emissions of ships by 40% in 2030, where ships will be given rating A to E. In this research, analysis is carried out on a ship regarding compliance with CII regulation based on actual operating conditions and estimation of CII rating until 2030. Technical and economic analysis is carried out based on one of the recommended actions to comply with CII regulation or to improve CII rating, which is ship speed optimization. Analysis of carbon tax reduction as one of the incentives for ships with an A or B rating is also carried out. Based on the calculation it is found that the ship used in this research obtains a B rating for the year 2022. Estimation of the CII rating for the coming years is done by using 7 different route scenarios and the STEAM2 FOC estimation method. Estimation of CII rating for the coming years if it operates using actual speed is between B – D. By reducing the speed to 6,8 knot or 7,8 knot a rating of A or B can be achieved. The economic impact of improving the CII rating from C to B is a decrease in net profit an average of 5,4% annually, 15,38% when improving the CII rating from C to A, and 10,73% when improving the CII rating from B to A.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: CO2, IMO, CII, FOC, kecepatan kapal, pajak karbon, ship speed, carbon tax
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ivan Wynstan Santoso
Date Deposited: 23 Aug 2023 08:41
Last Modified: 23 Aug 2023 08:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101784

Actions (login required)

View Item View Item