Pengembangan Aplikasi Mobile Berbasis Android untuk Pendaftaran Layanan dan Antrean Terintegrasi di Rumah Sakit : Perancangan Aplikasi Frontend

Pambudi, Dwiki Cahyo (2023) Pengembangan Aplikasi Mobile Berbasis Android untuk Pendaftaran Layanan dan Antrean Terintegrasi di Rumah Sakit : Perancangan Aplikasi Frontend. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211940000134-Undergaduate_Thesis.pdf] Text
05211940000134-Undergaduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Layanan kesehatan merupakan salah satu aspek yang dapat mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk saat ini layanan kesehatan di Indonesia dibedakan menjadi dua tingkatan yaitu layanan primer dan layanan sekunder. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merencanakan adanya strategi untuk melakukan digital transformasi pada seluruh layanan kesehatan yang mencakup layanan primer dan layanan sekunder. Digital transformasi yang dilakukan diharapkan dapat mendukung perubahan pada kombinasi informasi, komputasi, komunikasi dan koneksi teknologi pada layanan kesehatan khususnya layanan rumah sakit. Pada kondisi saat ini rumah sakit merupakan salah satu layanan kesehatan yang menjadi kepercayaan masyarakat dikarenakan rumah sakit mempunyai fasilitas yang lebih baik ataupun fasilitas yang lebih lengkap dari layanan kesehatan lainnya. Dengan tingkat kedatangan pasien yang tinggi dan adanya prosedur untuk mendapatkan pelayanan maka hal ini menjadi penyebab adanya antrean yang dapat mengakibatkan terganggunya proses pelayanan pada rumah sakit. Antrean ini disebabkan oleh beberapa faktor contohnya waktu pemeriksaan yang tidak pasti, input data yang masih manual, dan pelayanaan yang kurang maksimal. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi frontend Healthcare Intelligence System menggunakan metode SDLC waterfall, untuk mendukung sistem antrean dan pendaftaran pada rumah sakit. Pengembangan aplikasi akan berfokus kepada pengembangan fitur -fitur yang meliputi input data pendaftaran yang mengacu pada peraturan dari kemenkes, sistem antrean yang dapat membedakan antara pasien BPJS dan pasien umum, dan adanya fitur data manajemen pasien yang dapat membantu proses pendaftaran layanan. Aplikasi frontend mobile telah berhasil dikembangkan dan terintegrasi secara penuh dengan API yang dikembangkan oleh backend. Proses pengembangan aplikasi menghasilkan satu aplikasi yang disebut KitaSehat. KitaSehat mempunyai fitur untuk melakukan pendaftaran secara langsung dan terintegrasi, fitur untuk melihat informasi seputar rumah sakit dan fitur untuk mengelola antrrean yang dimilik pasien. Aplikasi mobile KitaSehat juga dapat menjadi penyimpanan riwayat pendaftaran serta sebagai sarana penyimpanan data pribadi dan data sosial yang berguna untuk proses pendafataran pasien. Aplikasi mobile KitaSehat telah berhasil melewati pengujian melalui metode blackbox tesing dengan tujuan untuk memastikan semua alur fitur yang dikembangkan berjalan dengan semestinya.
==================================================================================================================================
Health services are an important aspect that can support the improvement of people’s welfare. Currently, health services in Indonesia are divided into two levels: primary services and secondary services. The Indonesian government through the Ministry of Health (Kemenkes) plans a strategy to do the digital transformation of all health services including primary services and secondary services. Digital Transformation expects to support changes in the combination of information, computiing, communication, and technology connections in health services, especially hospital services. For current conditions, hospital is one of the health services trusted by the public because hospitals have better facilities or more complete facilities than another health service. A high rate of patient arrivals and many procedures for obtaining services will cause queues which impact disruption of the service process at the hospital. This queue is the result of several factors, for example, the uncertain inspection time, manual data input, and less than optimal service. This final project has the goal to develop a frontend healthcare intelligent system application using the SDLC waterfall to support queueing system and registration system at hospital. Application development will focus on developing features including registration data and input refers to regulations from the Ministry of Health, a queuing system that can categorize BPJS patients and general patients, and patient management data that can help referral process. Mobile frontend application is fully integrated with API developed by backend. The development process delivers an application called KitaSehat. KitaSehat has a feature for direct and integrated registration, a feature for viewing information about the hospital and a feature for managing patient queues. KitaSehat mobile application can also be used to store registration history and save personal and social data which is helpful for patient registration.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Android Application, Registration, Queueing, Hospital, Frontend; Aplikasi Android, Pendaftaran, Antrean, Rumah sakit
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dwiki Cahyo Pambudi
Date Deposited: 05 Oct 2023 02:59
Last Modified: 05 Oct 2023 02:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101797

Actions (login required)

View Item View Item