Perencanaan Tebal Perkerasan Container Yard dan Drainase Akibat Peninggian Elevasi Pada Blok U,V, dan Blok Karantina PT. Terminal Petikemas Surabaya

Teryna, Maria Iranda (2023) Perencanaan Tebal Perkerasan Container Yard dan Drainase Akibat Peninggian Elevasi Pada Blok U,V, dan Blok Karantina PT. Terminal Petikemas Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111940000105-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111940000105-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Terminal Petikemas Surabaya atau disingkat PT. TPS adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan fasilitas terminal petikemas untuk perdagangan domestik maupun. Saat ini terdapat permasalahan yang terjadi di area penumpukan, yaitu adanya genangan air setinggi 0,20 – 0,40 cm saat air laut pasang dan saat hujan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka direncanakan peninggian elevasi dan perencanaan drainase yang memperhatikan elevasi muka air laut pasang dan sistem pengaliran diusahakan menggunakan cara gravitasi untuk menjamin aliran air dari dalam kawasan tetap dapat mengalir pada kondisi pasang dan hujan. Tahap yang dilakukan dalam proses peninggian elevasi dan perencanaan saluran drainase ini adalah tahap identifikasi masalah, tahap studi literatur, pengumpulan data, lalu dilakukan tahap analisis data yang terdiri dari perhitungan jumlah trip, perhitungan beban yang bekerja, perhitungan Design of Life, Perhitungan tebal perkerasan yang direncanakan menggunakan paving block. Kemudian untuk perencanaan drainase meliputi penentuanstasiun hujan, melakukan perhitungan curah hujan periode ulang tahunan, dan menghitung debit banjir rencana lalu dilakukan perhitungan Q hidrologi, Q hidrolika, dan perencanaan dimensi saluran. Tugas akhir ini diharapkan dapat mengetahui kebutuhan tebal perkerasan untuk Container Yard dan kebutuhan jaringan drainase Blok U, V dan Blok Karantina sesuai standar yang ada. Hasil perencanaan Tugas Akhir ini antara lain Elevasi muka air yang direncanakan adalah 50 cm lebih tinggi dari evasi muka air laut pasang +2,80. Didapatkan perencanaan elevasi baru dengan elevasi tertinggi yaitu +4,11 dan ter rendahyaitu 3,41 dengan kemiringan 0,6% mengarah dari barat ke timur lapangan penumpukkan. Pada perhitungan desain perkerasandidapatkan desain rencana perkerasan dengan sub grade cbr 5%, crushed rock 150 mm, in situ concrete 250 mm, lean concrete 360 mm, pasir 30 mm, dan paving block K500 100 mm. Pada perencanaan drainase direncanakan dengan 15 saluran tersier dan 1 saluran sekunder dan dialirkan ke dua outlet yang berbeda. Dimensi U-ditch yang dibutuhkan yaitu 400x500, 500x500, 600x700, 600x800, 800x800, 800x900, 800x1000, dan 1000x1200.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE215 Drainage
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE251.T74 Pavements--Design and construction
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Maria Iranda Teryna
Date Deposited: 01 Aug 2023 12:34
Last Modified: 01 Aug 2023 12:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101822

Actions (login required)

View Item View Item