Analisis Faktor yang Berpengaruh terhadap Perilaku Safety Riding pada Mahasiswa (Studi Kasus: Mahasiswa ITS Angkatan 2019-2022)

Rifqiyanti, Rifanny (2022) Analisis Faktor yang Berpengaruh terhadap Perilaku Safety Riding pada Mahasiswa (Studi Kasus: Mahasiswa ITS Angkatan 2019-2022). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411940000108-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02411940000108-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab utama kematian pada anak muda berusia 15-29 tahun. Korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas pun terus meningkat, termasuk korban dengan status mahasiswa. Penyebab kecelakaan didominasi oleh perilaku berkendara yang tidak aman, seperti melanggar rambu dan marka lalu lintas. Untuk mengurangi angka kecelakaan, pemerintah memiliki program cara berkendara yang selamat. Faktor yang memengaruhi perilaku berkendara yang selamat harus diidentifikasi agar dapat dilakukan upaya untuk meminimalkan angka kecelakaan. Namun, belum ada penelitian yang berfokus pada perilaku berkendara yang selamat pada mahasiswa dengan variabel adanya polisi dan CCTV, beban tugas, jarak tempuh, lingkungan, peran teman sebaya, dan perilaku pengguna jalan lain. Penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perilaku safety riding pada mahasiswa menggunakan Structural Equation Model (SEM). Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi perilaku berkendara yang tidak aman pada mahasiswa serta diberikan rekomendasi untuk meningkatkan perilaku safety riding pada mahasiswa. Dari 157 responden yang terlibat pada penelitian ini, dapat diketahui bahwa lebih dari 50% responden sudah memiliki perilaku safety riding yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor perilaku pengguna jalan lain berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku safety riding pada mahasiswa dengan nilai p-value 0,025 dan koefisien path -0,224 yang dapat diartikan bahwa semakin banyak perilaku pengguna jalan lain yang tidak aman, maka akan semakin sedikit perilaku mahasiswa yang aman ketika berkendara. Faktor lingkungan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku safety riding pada mahasiswa dengan nilai p-value 0,032 dan koefisien path 0,178. Faktor peran teman sebaya juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku safety riding pada mahasiswa dengan nilai p-value 0,001 dan koefisien path 0,322. Rekomendasi yang diberikan adalah selalu waspada dengan kondisi sekitar ketika berkendara, menghindari berkendara saat sedang turun hujan, pihak kampus mengadakan razia secara berkala dan kampanye terkait safety riding, serta saling mengingatkan antar teman untuk meningkatkan kesadaran terhadap keselamatan berkendara.
=================================================================================================================================
Traffic accidents are the leading cause of death for young people aged 15-29 years. The death toll from traffic accidents continues to increase, including victims with student status. The causes of accidents are dominated by unsafe driving behavior, such as violating traffic signs and markings. To reduce the number of accidents, the government has a program, namely safety riding. Factors that influence safety riding behavior must be identified so that efforts can be made to minimize the number of accidents. However, there is no research that focuses on safety riding behavior in college students with the variables of the presence of police and CCTV, task load, distance traveled, environment, role of peers, and behavior of other road users. This study identified the factors that influence safety riding behavior in students using the Structural Equation Model (SEM). In addition, this study also identified unsafe riding behavior among students and provided recommendations to improve safety riding behavior among students. Of the 157 respondents involved in this study, it can be seen that more than 50% of the respondents already have good safety riding behavior. The results showed that the behavioral factors of other road users had a negative and significant effect on safety riding behavior on students with a p-value of 0.025 and a path coefficient of -0.224 which can be interpreted that the more unsafe behavior of other road users, the less safety riding behavior in students. Environmental factors have proven to have a positive and significant effect on safety riding behavior in students with a p-value of 0.032 and a path coefficient of 0.178. The peer role factor also proved to have a positive and significant effect on safety riding behavior in students with a p-value of 0.001 and a path coefficient of 0.322. The recommendations given are to always be aware of the surrounding conditions when riding, avoid riding when it is raining, the campus holds regular raids and campaigns related to safety riding, and reminds each other between friends to increase awareness of safety riding.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan, Mahasiswa, Perilaku, Safety Riding, Accidents, Behavior, Safety Riding, SEM, Students
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling.
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rifanny Rifqiyanti
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:16
Last Modified: 06 Sep 2023 07:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101839

Actions (login required)

View Item View Item