Pengembangan Desain Tas Wanita Dengan Menggunakan Media Ecoprint Pada Kulit Hewan

Luthfia Annuriza, Yasmin (2023) Pengembangan Desain Tas Wanita Dengan Menggunakan Media Ecoprint Pada Kulit Hewan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311740000079-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08311740000079-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tas merupakan wadah yang terbuat dari bahan lunak, memiliki pegangan, dan didesain supaya mudah dibawa atau dijinjing. Sejak zaman dahulu hingga sekarang bentuk dan desain tas telah beragam dikarenakan banyak pengaruh; behan- bahan sekitar dan pengembangan bagaiman akan bahan tersebut diproses dan budaya. Ecoprint merupakan cara mewarnai dan membuat motif pada kain dengan menempelkan bentuk asli tumbuhan pada pakaian. Teknik banyak diminati sebagai alternatif mewanai material karena pilihan yang lebih ramah lingkungan. Meskipun begitu, Ecoprint pada kulit cenderung masih jarang dilakukan dikarenakan kontrol yang diperlukan pada proses printing harus lebih teliti. Eco-printing pada kulit hewan dapat memberi nilai lebih pada suatu produk apparel, terutama pada tas wanita, memberi motif begetatif dan kesan rustic pada material yang telah diproses. Metode yang digunakan adalah eksperimen pada material kulit domba yang untuk melakukan kegiatan Ecoprint. Menggabungkan beberapa teknik yang berbasis untuk mewarnai tekstil dan mencari kombinasi warna sebagai variasi yang memungkinkan untuk produk. Lalu, melakukan wawancara untuk untuk mengetahui desain yang sedang berkembang dan selera pasar yang akan dituju. Wanita berkarir menjadi sasaran dikarenakan keinginan mereka untuk terlihat menawan walaupun sedang bekerja. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah desain tas yang dapat menampilkan teknik Ecoprint secara maksimal yang sekaligus dapat memenuhi kebutuhan pasar yang dituju, baik dalam sisi pekerjaan ataupun fesyen.
===================================================================================================================================
A bag is a container made of soft material, has a handle, and is designed to be easy to be lifted or carry. From ancient times, the shape and design of bags have varied due to many influences; surrounding materials, the development of how they will be processed and, cultures. Eco-printing is a method of coloring and creating motifs on fabrics by attaching the original shape of plants to clothes. The technique is in demand as an alternative to coloring materials because of its impact on the eco-friendly environment. However, Eco-printing on animal skin tends to be rarely done due to more careful temperature regulation when staining. Eco-printing on animal skins can add more value to an apparel product, especially on bags so that it gives a rustic and natural impression to the material that has been processed. The method used is an experiment on sheepskin material to carry out eco printing activities. Combining several techniques based on dyeing textiles and looking for color combinations as possible variations for the product. Several interviews were conducted to find out which designs are developing and the tastes of the target market. Career women are targeted because of their desire to look good even at work. The result of this research is a bag design that can display eco-printing techniques optimally while at the same time meeting the needs of the target market, both in terms of work and fashion.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bag, Ecoprint, Fashion
Subjects: T Technology > TS Manufactures
T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yasmin Luthfia Annuriza
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:57
Last Modified: 01 Aug 2023 03:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101850

Actions (login required)

View Item View Item