Pengaruh Penggunaan Lahan Terhadap Kemacetan Lalu Lintas di Jalan Raya Ciracas, Kota Jakarta Timur

Bintang, Kevin Pandapotan (2023) Pengaruh Penggunaan Lahan Terhadap Kemacetan Lalu Lintas di Jalan Raya Ciracas, Kota Jakarta Timur. Other thesis, Intitut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08211940000096-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08211940000096-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Jalan Raya Ciracas merupakan salahisatu jalan yang berada di Kota Jakarta Timur. Jalan tersebut memiliki berbagai macam penggunaan lahan mulai dari perdagangan dan jasa, industri, perkantoran dan permukiman. Perkembangan penggunaan lahan yang pesat dimiliki oleh jalan tersebut ditambah dengan jalan raya ciracas merupakan akses menuju jalan nasional memilikii kemungkinani menjadii salahi satui penyebabi timbulnyai permasalahani penumpukani transportasii padai Jalani Rayai Ciracas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkajii pengaruhi tarikani penggunaani lahani terhadapi kemacetani lalui lintasi yangi dimilikii olehi Jalani Rayai Ciracas. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis korelasi, analisis regresi linier berganda, dan analisis kontribusi.
Berdasarkan hasil analisis yang ditemukan pada Jalan Raya Ciracas total memiliki 61 penggunaan lahan yang diteliti dengan 4 jenis pengelompokan penggunaan lahan yaitu Perdagangan dan Jasa dengan luas 18.465,39 m2, Kawasan Indusri dengan luas 43,651,33 m2, Perkantoran dengan luas 1.795 m2, dan Fasilitas Umum dengan luas 441 m2. Pada penelitian ini menggunakan variabel terikat yaitu jumlah pergerakan dan 4 variabel bebas yaitu (X1) luas bangunan, (X2) jumlah lantai, (X3) luas parkir, dan jumlah populasi (X4). Hal tersebut yang membuat tarikan penggunaan lahan pada jalan raya ciracas mencapai 5.858,96 smp/hari. Untuk jam puncak berada pada jam 4 hingga jam 5 sore dengan total volume lalu lintas mencapai 2.030,98 smp/jam dengan kontribusi sebesar 26,76%. Untuk lalu lintas terendah berada pada jam 7 hingga jam 8 malam dengan volume 1.777,83 smp/jam dan kontribusi penggunaan lahan sebesar 15,19%. Untuk total volume lalu lintas tertinggi mencapai 2.164,87 smp/jam sedangkan untuk kapasitas jalan hanya 1.841,79 membuat Level of Service yang dimiliki oleh Jalan Raya Ciracas dominan berada di kelas F dengan rasio antara 0,97 – 1,16.
====================================================================================================================================
Jalan Raya Ciracas is one of the roads in the City of East Jakarta. The road has a variety of land uses ranging from trade and services, industry, offices and settlements. The rapid land use development owned by the road coupled with the Ciracas highway is access to the national road which is likely to be one of the causes of problems with transportation congestion on Jalani Rayai Ciracas. This study aims to examine the effect of land use traction on traffic jams owned by Jalani Raya Ciracas. The research method used is a quantitative approach with correlation analysis methods, multiple linear regression analysis, and contribution analysis.
Based on the results of the analysis found on Jalan Raya Ciracas a total of 61 land uses were studied with 4 types of land use groupings namely Trade and Services with an area of 18,465.39 m2, Industrial Area with an area of 43,651.33 m2, Offices with an area of 1,795 m2, and Public Facilities with an area of 441 m2. In this study, the dependent variable was used, namely the number of movements and 4 independent variables, namely (X1) building area, (X2) number of floors, (X3) parking area, and population size (X4). This is what makes land use traction on the Ciracas highway reach 5,858.96 pcu/day. Peak hours are from 4 to 5 pm with a total traffic volume of 2,030.98 pcu/hour with a contribution of 26.76%. The lowest traffic is from 7 to 8 pm with a volume of 1,777.83 pcu/hour and a land use contribution of 15.19%. For the highest total traffic volume, it reached 2,164.87 pcu/hour, while the road capacity was only 1,841.79, making the Level of Service owned by Jalan Raya Ciracas dominant in class F with a ratio between 0.97 – 1.16.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Transportasi, Penggunaan Lahan, Level of Service, Transportation, Land Use, Level of Service
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA9053 City planning
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Regional & Urban Planning > 35201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Kevin Pandapotan Bintang
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:38
Last Modified: 01 Aug 2023 04:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101856

Actions (login required)

View Item View Item