Perancangan Kampanye Sosial Pengenalan Eco Enzyme Sebagai Upaya Pengolahan Sampah Organik Untuk Ibu Rumah Tangga

Az Zahra, Rizka Amalia (2023) Perancangan Kampanye Sosial Pengenalan Eco Enzyme Sebagai Upaya Pengolahan Sampah Organik Untuk Ibu Rumah Tangga. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08511940000057-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08511940000057-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Sampah organik yang dihasilkan dari limbah rumah tangga dapat menjadi permasalahan yang serius bila tidak ditangani dengan baik. Sebanyak 40,30 % limbah sampah terbanyak yang dihasilkan negara Indonesia berasal dari sampah sisa makanan terutama sampah sayur dan buah-buahan. Pembuatan eco enzyme merupakan salah satu cara pengolahan sampah organik yang menjadi solusi untuk membantu mengurangi menumpuknya sampah pangan di Indonesia. Eco enzyme merupakan cairan multiguna hasil fermentasi limbah organik seperti sayur dan buah. Untuk mengenalkan eco enzyme kepada masyarakat, dibutuhkan sebuah media informasi untuk memberi kesadaran bahwa mengolah kembali sampah organik itu berpengaruh besar terhadap lingkungan. Media informasi yang akan dibuat berupa kampanye social dengan pemilihan media sesuai kebutuhan sehingga pesan dapat tersampaikan dengan baik ke sampel target segmen. Perancangan kampanye ini dilakukan melalui beberapa metode penelitian. Studi literatur mengenai topik penumpukan sampah, eco enzyme, dan kampanye sosial. Studi eksisting mengenai kampanye sejenis sebagai referensi dan menambah wawasan. Depth Interview dilakukan kepada extreme user, dan stakeholder. Observasi dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara pembuatan eco enzyme. Penggunaan metode ini dilakukan untuk mendapatkan hasil perancangan yang tepat sasaran. Kuisioner dilakukan untuk menggali data target audiens, Studi eksperimental untuk merancang konsep desain yang mencakup konsep media, konsep komunikasi, dan konsep visual. Konsep tersebut kemudian divalidasi melalui user testing dan wawancara dengan narasumber ahli. Tujuan dari perancangan kampanye ini adalah sebagai media informasi untuk menumbuhkan kepedulian kepada masyarakat akan pentingnya melakukan pengolahan sampah organik dan salah satunya adalah dengan mengolah sampah organik menjadi eco enzyme. Membuat eco enzyme merupakan salah satu perilaku yang dapat membantu mengurangi sampah makanan di Indonesia. Dari perancangan ini, diharapkan dapat memberi edukasi dan pengetahuan baru untuk masyarakat di Indonesia agar dapat mengolah dan mencoba sendiri membuat eco enzyme dari sampah organik di rumah masing-masing.
=================================================================================================================================
Organic waste generated from household waste can be a serious problem if not handled properly. As much as 40.30% of the waste generated in Indonesia comes from food waste, especially vegetable and fruit waste. Making eco enzymes is one way of processing organic waste which is a solution to help reduce the accumulation of food waste in Indonesia. Eco enzyme is a multipurpose liquid resulting from the fermentation of organic waste such as vegetables and fruits. To introduce eco enzymes to the public, information media is needed to provide awareness that reprocessing organic waste has a big effect on the environment. The information media will be made in the form of a social campaign with the selection of media as needed so that the message can be conveyed well to the target segment sample. The design of this campaign was carried out through several research methods. Literature study on the topic of waste accumulation, eco enzyme, and social campaign. Existing studies on similar campaigns as a reference and add insight. Depth interviews were conducted with extreme users and stakeholders. Observation is done to find out how to make eco enzymes. The use of this method is done to get the right design results. Questionnaires were conducted to explore target audience data, and Experimental studies were to design concepts that include media concepts, communication concepts, and design concepts. The purpose of designing this campaign is as an information media to raise awareness to the public about the importance of processing organic waste and one of them is by processing organic waste into eco enzyme. Making eco enzymes is one of the behaviors that can help reduce food waste in Indonesia. From this design, it is hoped that it can provide education and new knowledge for people in Indonesia to be able

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Eco Enzyme, Organic Waste, Campaign, Social Media, Sampah Organik, Kampanye, Media Sosial.
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD898.8.C67 Waste disposal
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rizka Amalia Az Zahra
Date Deposited: 13 Oct 2023 00:50
Last Modified: 13 Oct 2023 00:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101925

Actions (login required)

View Item View Item