Rancang Bangun Alarm and Shutdown System Simulasi Kebocoran Gas CO2 pada Plant SARASSORA Dengan Konsep Safety Instrumented System

Al Bastomi, Moch Yusuf (2023) Rancang Bangun Alarm and Shutdown System Simulasi Kebocoran Gas CO2 pada Plant SARASSORA Dengan Konsep Safety Instrumented System. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10511910000069_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10511910000069_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendeteksian kebocoran gas merupakan hal yang penting karena dapat menyebabkan sesuatu yang fatal seperti halnya ledakan, lebih parahnya lagi gas merupakan senyawa yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia secara langsung. Namun tak banyak alat yang berhubungan dengan gas CO2 memiliki sebuah system yang dapat mendeteksi adanya kebocoran gas baik yang diuji maupun yang disebabkan oleh failure dari alat tersebut yang akan memberikan sebuah indicator maupun penanda berupa alarm dan tindakan penutupan aliran dengan safety instrumented system (SIS). Selain itu gas CO2 merupakan gas yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Oleh karena merancang sebuah alat yang dapat mendeteksi adanya gas CO2 dapat menjadi sebuah fokusan. Sehingga diusulkan sebuah alat yang dapat mendeteksi kebocoran gas CO2 yang juga dapat dimanfaatkan sebagai alat peraga praktikum atau simulasi. Alat tersebut akan mensimulasikan terjadinya kebocoran gas dengan cara membuka valve yang menandakan seolah-olah terjadinya kebocoran Gas. Hasil dari pendeteksian akan dikeluarkan pada alarm yang mengindikasikan bahwa terdapat kebocoran gas CO2. Alat ini menggunakan 2 sensor yang sama dan identik untuk meminimalisir terjadinya fake alarm yang sejalan dengan safety instrumented function (SIF) dengan konfigurasi 2oo2 yang akan bekerja ketika hanya kedua sensor mendapatkan pembacaan yang identik. Selain indicator alarm maupun SIS yang menjadi output, pengujian yang dilakukan menghasilkan data bahwa sensor ini memiliki nilai range optimal sebesar 325 sampai dengan 1000 ppm. Pada validasi sensor dihasilkan data bahwa sensor ini memiliki nilai error 2,98 % dengan akurasi sebesar 97,02 % pada sensor 1 sedangkan pada sensor 2 memiliki nilai error 1,97 % dengan akurasi sebesar 98,03 %.
===============================================================================================================================
Detection of gas leaks is essential because it can lead to potentially fatal incidents, such as explosions. Moreover, gas, including CO2, is invisible to the naked eye. However, not many CO2 gas-related devices have a system that can detect gas leaks, whether they are caused by testing or device failures, and provide indicators or alarms, along with actions like shutting off the flow through a safety instrumented system (SIS). Additionally, CO2 gas is hazardous to human health. Therefore, designing a device capable of detecting CO2 gas leaks is a crucial focus. Thus, a proposed device is an interactive tool that can detect CO2 gas leaks and also serve as a practical or simulation tool for educational purposes. This device will simulate gas leaks by emulating the process of opening a valve, indicating a gas leak scenario. The detection results will trigger an alarm to signal the presence of a CO2 gas leak. This device employs 2 identical sensors to minimize the occurrence of false alarms, in line with the safety instrumented function (SIF) based 2oo2 configuration. The SIF will be activated only when both sensors receive identical readings. Apart from the alarm and SIS indicators as output, experiment reveals that this sensor has an optimal range from 325 to 1000 ppm. During the sensor validation, it was found that Sensor 1 had an error value of 2.98% with an accuracy of 97.02%, while Sensor 2 had an error value of 1.97% with an accuracy of 98.03%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Safety Instrumented System, MG811, Kebocoran Gas CO2, Gas Leak, CO2
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
Divisions: Faculty of Vocational > Instrumentation Engineering
Depositing User: moch yusuf al bastomi
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:17
Last Modified: 24 Aug 2023 04:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101936

Actions (login required)

View Item View Item