Studi Eksperimental Pengaruh Penambahan Bodi Pengganggu Berupa Airfoil NACA 0012, NACA 0018, NACA 0024 Di Belakang Silinder Sirkular Utama

Akbar, Aldiva Syawallad (2023) Studi Eksperimental Pengaruh Penambahan Bodi Pengganggu Berupa Airfoil NACA 0012, NACA 0018, NACA 0024 Di Belakang Silinder Sirkular Utama. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111940000152-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02111940000152-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 1 October 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Mekanika fluida merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang dekat dengan manusia. Karena adanya perhitungan yang sering dilakukan guna mengetahui karakteristik aliran. Salah satunya adalah karakteristik aliran fluida melewati sebuah silinder sirkular yang merupakan salah satu jenis dari bluff body. Bluff body dapat menghasilkan wake yang besar, dimana wake tersebut mampu membentuk gaya drag yang besar juga. Maka dari itu perlu adanya pengurangan gaya drag yang terjadi dengan cara penambahan bodi pengganggu. Penelitian ini membahas tentang pengaruh penambahan bodi pengganggu pada sebuah silinder sirkular yang tersusun tandem. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen dengan sub-sonic wind tunnel berpenampang octagonal. Benda uji yang digunakan berupa silinder sirkular dengan diameter D = 36 mm dengan menggunakan dosi pengganggu NACA 0012, NACA 0018, dan NACA 0024 berdiameter c = 36 mm di sisi belakang silinder upstream. Pengukuran pada penelitian ini menggunakan pitot static tube, wall-pressure tap dan inclined manometer. Pengujian ini dilakukan dengan variasi jarak antara silinder utama dengan rasio S/D = 0,2 hingga 1,4 dengan menggunakan bilangan Reynolds (Re = 2,01x104) untuk mendapatkan coefficient pressure (Cp), Coefficient Drag Pressure (CDP) yang lebih optimal dengan menggunakan jarak rasio yang berbeda pada jarak (S/D) serta dapat menghitung Coefficient Lift Pressure (CLP). Hasil yang diperoleh dari penambahan bodi pengganggu airfoil NACA 0024 pada jarak (S/D) 0,2 dapat mereduksi koefisien drag pressure (CDP) paling efektif sebesar 16%. Sedangkan reduksi koefisien drag pressure (CDP) terendah terjadi pada silinder dengan penambahan bodi pengganggu berupa airfoil NACA 0012 pada jarak (S/D) 1,4 sebesar 9%. Pada penambahan bodi pengganggu berupa airfoil NACA 0012, NACA 0018, dan NACA 0024 pada seluruh variasi jarak didapat reduksi sebesar 44%, 48% dan 54%. Reduksi gaya drag paling efektif pada variasi penambahan bodi pengganggu dengan airfoil NACA 0024.
=================================================================================================================================
Fluid mechanics is one of the sciences that is close to humans. Because of the calculations that are often carried out to determine flow characteristics. One of them is the characteristics of fluid flow through a circular cylinder which is one type of bluff body. Bluff body can produce a large wake, where the wake is able to form a large drag force as well. Therefore, it is necessary to reduce the drag force that occurs by adding a disturbing body. This research discusses the effect of adding a bully body to a circular cylinder arranged in tandem. This research was conducted experimentally with a sub-sonic wind tunnel with an octagonal cross section. The test object used is a circular cylinder with a diameter of D = 36 mm using NACA 0012, NACA 0018, and NACA 0024 disruptors with a diameter of c = 36 mm on the back side of the upstream cylinder. Measurements in this study used pitot static tube, wall-pressure tap and inclined manometer. This test was carried out by varying the distance between the main cylinders with a ratio of S/D = 0.2 to 1.4 using the Reynolds number (Re = 2.01x104) to obtain the coefficient pressure (Cp), Coefficient Drag Pressure (CDP) is more optimal by using different ratio distances at a distance (S/D) and can calculate Coefficient Lift Pressure (CLP). The results obtained from the addition of NACA 0024 airfoil intrusive body at a distance (S/D) of 0.2 can reduce the most effective drag pressure coefficient (CDP) by 16%. While the lowest drag pressure coefficient (CDP) reduction occurs in the cylinder with the addition of the NACA 0012 airfoil at a distance of (S/D) 1.4 by 9%. In the addition of interfering bodies in the form of NACA 0012, NACA 0018, and NACA 0024 airfoils at all distance variations, a reduction of 44%, 48% and 54% is obtained. Drag force reduction is most effective in the variation of adding a disruptive body with NACA 0024 airfoil.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tandem, Bodi Pengganggu, Bluff body, Airfoil, Drag, Lift
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aldiva Syawallad Akbar
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:50
Last Modified: 16 Nov 2023 02:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101976

Actions (login required)

View Item View Item