Detektor Alkohol Portabel Menggunakan Display LCD Interaktif dan Interface Android

Wahyudi, Ibnu Ari (2023) Detektor Alkohol Portabel Menggunakan Display LCD Interaktif dan Interface Android. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2019_Ibnu Ari Wahyudi_10511910000073_BukuTA.pdf] Text
2019_Ibnu Ari Wahyudi_10511910000073_BukuTA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sertifikasi halal merupakan sebuah langkah strategis bagi UMKM untuk tetap mempertahankan konsumen serta menjadi pembeda dengan UMKM pesaing dan memberikan nilai tambah bagi produk. Seluruh produk yang masuk, beredar dan diperdagangkan di Indonesia wajib memiliki sertifikat halal. Kadar etanol pada produk akhir minuman ditoleransi kurang dari 0,5% dikarenakan secara medis tidak membahayakan. Teknologi ini memiliki efisiensi tinggi untuk mengukur kadar alkohol (etanol) pada produk minuman. Dirancang menggunakan powersupply baterai 18650 dan Charger Lipo Imax B3 Pro sehingga dapat dicharger. Penggunaan Detector alkohol ini, dapat mengukur besaran fisis kandungan alkohol (etanol) pada minuman dengan menangkap uap alkohol. Uap alkohol akan tertangkap oleh sensor MQ3 yang merupakan sensor dengan prinsip kerja semikonduktor. Selain itu LED pada alat akan menyala sebagai indikasi untuk menggolongkan kadar alkohol menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 86/Men.Kes/Per/IV/77 tentang Minuman Keras, lalu buzzer pada plant juga akan berbunyi sebagai indikasi kadar alkohol. Metode validasi sensor yang digunakan yaitu dengan membandingkan pembacaan real sensor dengan pembacaan alat ukur reflactometer alkohol. Gangguan eksternal yang dapat mempengaruhi pembacaan alat yaitu udara sekitar, suhu ruang, dan kelembapan ruang. Seluruh pembacaan besaran fisis kadar alkohol akan ditampilkan pada LCD TFT dan dapat di monitoring secara langsung menggunakan smartphone pada aplikasi android. Data juga dapat disimpan di aplikasi pada menu “Historical” serta ke database secara realtime menggunakan Firebase. Karakteristik sensor MQ-3 mampu membaca nilai kadar alkohol dengan akurasi 87,46 % dengan error 12,54 %. Penambahan peltier dan sensor temperatur Thermocouple MAX 6675 berfungsi untuk mengatur kondisi udara pada ruangan uji sampel sehingga pembacaan memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Aplikasi mampu menampilkan data secara realtime serta merekam data pembacaan yang telah dilakukan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Halal, Kadar Alkohol, Detector Alkohol = Halal Certification, Alkohol Content, Alcohol Detector
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD259.2 Drinking water. Water quality
Divisions: Faculty of Vocational > Instrumentation Engineering
Depositing User: Ibnu Ari Wahyudi
Date Deposited: 04 Aug 2023 02:40
Last Modified: 04 Aug 2023 02:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/101987

Actions (login required)

View Item View Item