Analisis Kelayakan Finansial Kereta Api Bandara Juanda-Waru di PT Industri Kereta Api (Persero)

Narindraswari, Theresia Dinar Tirta (2023) Analisis Kelayakan Finansial Kereta Api Bandara Juanda-Waru di PT Industri Kereta Api (Persero). Project Report. [s.n.], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 03111940000002-Project_Report.pdf] Text
03111940000002-Project_Report.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Magang merupakan salah satu mata kuliah wajib di Departemen Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa dalam mempelajari dan mengaplikasikan ilmu serta mengembangkan diri melalui pembelajaran langsung di lapangan. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan MBKM merupakan upaya pemerintah untuk menjembatani dan menyediakan talenta berkualitas yang kompeten bagi industri/perusahaan yang memerlukan kualifikasi yang sesuai dengan budaya perusahaan. Salah satu perusahaan yang terdaftar sebagai mitra MSIB adalah PT Industri Kereta Api (Persero) atau yang lebih dikenal dengan PT INKA. Divisi di PT INKA yang membuka kesempatan magang salah satunya adalah adalah Divisi Riset dan Pengembangan, tepatnya di Departemen Pengembangan Bisnis. Divisi ini memiliki tugas untuk mengidentifikasi peluang bisnis bagi PT INKA, salah satunya adalah dengan menyusun analisis kelayakan bisnis. Berdasarkan RIPNAS 2030, pengembangan jalur kereta api di Pulau Jawa salah satunya adalah peningkatan kapasitas lintas melalui pembangunan jalur ganda dan shortcut. Hingga tahun 2030, secara bertahap akan dibangun prasarana Kereta Api Bandara Juanda hingga Stasiun Surabaya Gubeng.Sebelum jalur kereta api tersebut dibangun, terlebih dahulu perlu untuk dilakukan studi kelayakan finansial/financial feasibility study sebagai salah satu tahap perencanaan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diperoleh bahwa hasil parameter kelayakan dengan harga tiket kereta api Rp70.000,00 proyek dinilai belum layak. Setelah dilakukan analisis sensitivitas dengan melakukan perubahan harga tiket kereta api menjadi Rp300.000,00, parameter kelayakan menunjukkan bahwa proyek ini layak untuk dilaksanakan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Analisa kelayakan, kereta api bandara, Bandara Juanda
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T11 Technical writing. Scientific Writing
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF193 Estimates, costs, etc.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Theresia Dinar Tirta Narindraswari
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:47
Last Modified: 01 Aug 2023 08:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/102096

Actions (login required)

View Item View Item