Edrick, Jonathan (2023) Formal Safety Assessment Untuk Menjamin Keselamatan Lalu Lintas Laut di Laut Sawu. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
04211941000016-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2025. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Laut Sawu merupakan rumah bagi sebagian besar jenis setasea di Indonesia. Daerah ini juga merupakan jalur pelayaran utama yang penuh dengan kapal pengangkut curah dan kapal tangki yang mengangkut produk hidrokarbon, serta kapal penumpang yang menghubungkan pulau-pulau. Kombinasi ini menimbulkan bahaya baik bagi kapal maupun setasea. Penelitian ini menjawab keamanan lalu lintas dan perlindungan setasea yang melewati daerah tersebut dengan menggunakan langkah-langkah pengendalian risiko yang melindungi kepentingan pelayaran komersial dan konservasi mamalia laut. Metode yang digunakan adalah Formal Safety Assessment IMO. Langkah pertama adalah mengidentifikasi bahaya bagi kapal dan setasea. Selanjutnya, analisis frekuensi dilakukan untuk tabrakan antar kapal menggunakan perangkat lunak IWRAP MK II. Untuk tabrakan kapal dengan cetacea, pendekatan analisis numerik digunakan dengan menggunakan model estimasi yang sebelumnya dikembangkan. Untuk emisi kebisingan bawah air, perhitungan didasarkan pada ICES CCR No. 209. Analisis konsekuensi untuk tabrakan kapal dilakukan menggunakan perangkat lunak GNOME. Analisis konsekuensi untuk kebisingan bawah air didasarkan pada ambang batas yang telah diketahui sebelumnya. Setelah analisis terhadap hal-hal ini selesai dilakukan, ditemukan bahwa tidak ada langkah pengendalian risiko yang diperlukan untuk tabrakan antar kapal. Opsi pengendalian risiko diperlukan untuk tabrakan kapal dengan setasea dan emisi kebisingan bawah air. Masalah-masalah ini diatasi dengan menggunakan Seasonal Management Area yang dapat mengurangi jumlah Ship Strike sampai dengan setengahnya. Cost Benefit Analysis dari Seasonal Management Area terbukti ekonomis dan memenuhi kriteria. Dalam RCDM , dilakukan penggabungan CBA dengan matriks Impact/Effort yang menentukan bahwa daerah pengelolaan musiman adalah yang paling cocok untuk Laut Savu saat ini.
===============================================================================================================================
The Savu Sea is home for a majority of cetaceans in Indonesia. The area is also a major shipping route, brimming with bulk carriers and tankers carrying hydrocarbon products, as well as passenger vessels connecting the islands. The combination poses hazard for ships and cetaceans alike. The research addressed the safety for ships and cetaceans that transit the area using risk control measures that protect the interest of both commercial shipping and conservation of the mammals. The method used is IMO’s formal safety assessment. The first step is to identify the hazards for both ships and cetaceans. Afterwards a frequency analysis is done for ship to ship collision using IWRAP MK II software. For ships strike a numerical analysis approach is used using an estimation model developed previously. For underwater noise emission the calculation is based upon ICES CCR No. 209. The consequence analysis for ship collision is done using the GNOME software. Consequence analysis for underwater noise is based on thresholds known previously. After analysis on these items are done, it is found that no risk control measures are necessary for ship to ship collision. The risk control option is necessary for ship strikes and underwater noise emissions. These problems are addressed using the seasonal management area which lowers strikes by half. Cost benefit analysis of SMA is found to be economical and met the criteria. In the RCDM we combined CBA with Impact/Effort matrix to determine that SMA is the most suitable for Savu Sea at this moment.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Emisi Suara Bawah Air, IWRAP, Laut Sawu, Underwater Noise Savu Sea, Seasonal Management Area, Ship Strikes |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T174.5 Technology--Risk assessment. T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD194.6 Environmental impact analysis T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD892 Noise control |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Jonathan Edrick |
Date Deposited: | 05 Aug 2023 08:55 |
Last Modified: | 05 Aug 2023 08:55 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/102178 |
Actions (login required)
View Item |