Amirah, Nadien (2023) Pengaruh Entrepreneurship Literacy dan Self-Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
09111940000115-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 September 2025. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu sumber utama yang dapat digunakan untuk membantu pertumbuhan ekonomi adalah entrepreneurship. Indonesia memiliki tingkat rasio kewirausahaan yang paling rendah dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya. Hal tersebut merupakan tantangan bagi usia produktif di Indonesia untuk mengejar ketertinggalan jumlah wirausahawan dengan menciptakan inovasi dan kreativitas. Entrepreneurship literacy merupakan faktor yang paling penting dalam mendorong kewirausahaan. Selain entrepreneurship literacy, niat untuk menjadi seorang wirausaha berasal dari keinginan yang kuat dari dalam diri. Seseorang yang memiliki self-efficacy tinggi, memiliki keyakinan diri seseorang untuk memulai usaha akan tinggi sehingga kreativitas juga ikut meningkat. Minat berwirausaha merupakan langkah pertama yang diambil sebelum menjalankan bisnis. Strategi pengembangan minat berwirausaha sendiri dapat diterapkan melalui perguruan tinggi agar jiwa kewirausahaan dapat berkembang dalam diri mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar secara online dan offline. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa ITS yang sedang atau telah mengambil mata kuliah technopreneurship. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Sebanyak 193 data diolah dan didapatkan hasil analisis yang menunjukkan bahwa entrepreneurship literacy dan self-efficacy berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa.
=================================================================================================================================
Entrepreneurship is one of the primary sources that can help economic growth. Indonesia has the lowest entrepreneurship ratio compared to other ASEAN countries, which is a challenge for productive age Indonesians to catch up with the number of entrepreneurs by creating innovation and creativity. Entrepreneurship literacy is the most critical factor in encouraging entrepreneurship. In addition to entrepreneurship literacy, the intention to become an entrepreneur comes from a strong desire from within, which can mean that if someone has high self-efficacy, the confidence to create a business will increase and produce high creativity. Entrepreneurial interest is the first step taken before running a business. The strategy of developing entrepreneurial interest itself can be applied through higher education to develop the entrepreneurial spirit in students. This quantitative study uses data collection techniques using questionnaires distributed online and offline. The sample of this research is ITS students who are taking or have taken technopreneurship courses. The analysis technique in this study used Partial Least Square - Structural Equation Modelling (PLS-SEM). 193 data were processed, and the results showed that entrepreneurship literacy and self-efficacy positively affected entrepreneurial interest in students.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Entrepreneurship Literacy, Self-Efficacy, Minat Berwirausaha, Mahasiswa; Entrepreneurship Literacy, Self-Efficacy, Entrepreneurial Intention, College Student |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Nadien Amirah |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 02:20 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 02:20 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/102198 |
Actions (login required)
View Item |