Muqoddam, Ahmad Faqihul (2023) Analisa Perbandingan Biaya Kerugian Kemacetan Jalan Akibat Pelaksanaan Perbaikan Jalan Pada Lapisan Base Course Menggunakan Agregat Kelas A Dan Cement Treated Base (CTB) (Studi Kasus : Ruas Jalan Laden – Bunder Kabupaten Pamekasan). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
6012201090-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2025. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kondisi jalan yang mantap akan memudahkan mobilitas penduduk dalam mengadakan hubungan perekonomian dan kegiatan sosial. Sedangkan jika kondisi jalan tidak mantap alias terjadi kerusakan jalan akan berakibat terhalangnya kegiatan ekonomi dan sosial hingga dapat terjadi kecelakaan. Perbaikan kerusakan jalan dapat dilakukan dengan program rehabilitasi jalan. Proses rehabilitasi jalan dapat dilakukan dengan penggantian lapisan pondasi (base course). Pemilihan material lapisan base course dapat menggunakan agregat kelas A atau Cement Treated Base (CTB). Pemilihan material tersebut
berdasarkan kondisi jalan eksisting dimulai dari kondisi daya dukung tanah, drainase dan volume lalu lintas.
Kemacetan saat perbaikan jalan disebabkan kinerja jalan menurun, sehingga terjadi antrian dan tundaan serta tambahan biaya perjalanan. Metode analisis perhitungan kerugian kemacetan saat perbaikan jalan terdapat beberapa tahapan seperti analisis prediksi umur perkerasan, analisis prediksi lama waktu pekerjaan, analisis kinerja ruas jalan, analisis panjang antrian, analisis biaya operasional kendaraan, analisis nilai waktu dan analisis biaya kerugian menggunakan metode Tzedakis (1980).
Dari hasil penelitian didapatkan tebal perkerasan 30 cm untuk perbaikan jalan dengan menggunakan agregat kelas A dan Cement Treated Base (CTB), diprediksi umur perkerasan 3 tahun 2 bulan dan 11 tahun 4 bulan. Lama waktu pekerjaan yang dibutuhkan untuk pekerjaan agregat kelas A yaitu 4 hari sedangkan pekerjaan Cement Treated Base (CTB) yaitu 12 hari. Kinerja ruas jalan berdasarkan nilai derajat jenuh (DJ) saat kondisi normal dan kemacetan yaitu 0,553 dan 1,066. Panjang antrian terpanjang saat jam puncak dengan Delay (r)
sebesar 12,5 menit sebesar 774,47 meter. Biaya kemacetan akibat lama waktu pekerjaan perbaikan jalan dengan menggunakan agregat kelas A dan Cement Treated Base (CTB) sebesar 70.795.165,- dan Rp. 280.373.007,-. Model
Persamaan dengan regresi berganda dengan menggunakan materian agregat kelas A didapatkan Y = 34341,997 – 1812,236 X1 + 24410,986 X2 dan untuk material cement treated base (CTB) didapatkan Y = 201602,133 + 7917,490 X1 – 12881,133 X2 dengan variabel y biaya kemacetan, x1 tebal perkerasan, x2 lama
waktu pekerjaan. Persamaan model tersebut digunakan ketika kapasitas jalan 2/2 TT yang awalnya 2324,19 skr/jam menjadi 1162,10 skr/jam akan terjadi kemacetan saat volume kendaraan melebihi 1162 skr/jam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTS 625.76 Muq a-1 2023 |
Uncontrolled Keywords: | Agregat Kelas A, Biaya Kerugian Kemacetan, Cement Treated Base (CTB), Perbaikan Jalan |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE228.3 Intelligent transportation systems. T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning T Technology > TF Railroad engineering and operation |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Ahmad Faqihul Muqoddam |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 08:06 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 08:07 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/102202 |
Actions (login required)
View Item |