Analisis Sistem Pengkondisian Udara dengan Computational Fluid Dynamics (CFD) pada Kereta Api Makassar Parepare

Rosyidah, Dyah Hayu (2023) Analisis Sistem Pengkondisian Udara dengan Computational Fluid Dynamics (CFD) pada Kereta Api Makassar Parepare. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10211910010024-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10211910010024-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kereta Api Makassar Parepare merupakan bagian dari proyek Kereta Api Trans Sulawesi dengan tujuan untuk memenuhi permintaan angkutan penumpang. Sistem pengkondisian udara berperan penting dalam menyediakan kenyamanan termal bagi penumpang. Kenyamanan termal dipengaruhi oleh kecepatan aliran udara, distribusi temperatur, dan kelembapan relatif dalam ruang kereta. Pada penelitian ini perhitungan beban pendingin dilakukan dengan metode CLTD untuk menganalisis kapasitas AC yang dibutuhkan oleh setiap gerbong. Simulasi CFD dilakukan dengan variasi model ventilasi udara. Model ventilasi 1 merupakan model konvensional dengan inlet dan outlet terletak di atap kereta. Pada model ventilasi 2 terdapat penambahan underside inlet yang terletak pada sisi bawah sidewall kereta. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh bahwa jumlah beban pendingin pada gerbong TeC adalah 30544,41 Kcal/hr dan beban ⁄ . Dari hasil simulasi Computational Fluid Dynamic (CFD) penambahan underside inlet pada model ventilasi 2 menyebabkan terjadinya penurunan temperatur rata-rata sebesar 1 °C di sekitar kaki penumpang. Pada area di sekitar kepala penumpang, model ventilasi 2 tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap nilai temperatur rata-rata. Ditinjau dari kecepatan udara yang jatuh di atas kepala penumpang, model ventilasi 2 secara konsisten menghasilkan nilai rata-rata kecepatan udara yang lebih rendah dibandingkan model ventilasi 1.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengkondisian Udara, Beban Pendingin, Kereta Api Makassar Parepare, Air Conditioning System, Cooling Load, Makassar Parepare Train
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: DYAH HAYU ROSYIDAH
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:16
Last Modified: 25 Jan 2024 07:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/102246

Actions (login required)

View Item View Item